Sebuah seri baik itu animanga maupun light novel suatu saat pasti akan selesai, walaupun kita mau seri itu terus berlanjut. Contohnya light novel Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo yang bulan ini telah merilis volume terakhirnya. Dan baru-baru ini diumumkan kalau ada lagi seri light novel yang akan tamat dalam tahun ini, yaitu LN Hataraku Maou-sama, yang akan merilis buku volume terakhirnya beberapa bulan lagi.

Hataraku Maou-sama adalah seri light novel yang ditulis oleh Wagahara Satoshi dan dengan ilustrasi yang digambarkan oleh 029 yang pertama dirilis tahun 2011. Format kisahnya bisa dibilang berupa reverse Isekai, yang menceritakan seorang Demon Lord dunia lain yang saat pertempurannya melawan seorang Hero diambang kekalahan, ia kabur ke dunia ini di Jepang modern.

Sang Demon Lord kemudian berusaha menyembuhkan diri dan mengisi tenaganya, dimana ia hidup dengan bekerja sebagai staff restoran fastfood MagRonald dalam kemiskinan. Dan keadaannya makin ruwet saat ditemukan kalau sang Hero juga masuk ke dunia ini, dan juga beberapa karakter lain dari dunia asalnya.

Light novel tersebut telah mendapatkan adaptasi manga dan juga telah merilis berbagai spin off manga. Novel tersebut juga telah diadaptasi menjadi anime, yang dibuat oleh studio WHITE FOX yang ditayangkan tahun 2013 lalu sepanjang 1 cour alias 13 episode.

Sayangnya sudah sekitar 6 tahun lebih lewat, dan tak terlihat adanya season baru untuk anime tersebut, dan kemungkinannya makin kecil karena dikabarkan kalau kisah light novel Hataraku Maou-sama sudah mau selesai.

Telah diberikan pengumuman kalau light novel tersebut akan merilis buku volume 21 yang merupakan volume terakhirnya. Volume 21 tersebut awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada bulan Juli, akan tetapi perilisan buku tersebut terkena delay.

Dan ya, alasannya sudah bisa ditebak, yaitu karena wabah virus corona. Tapi delay perilisannya tak begitu lama, dengan baru diumumkan oleh penerbit Dengeki Bunko kalau perilisan volume final light novel Hataraku Maou-sama diundur jadi tanggal 7 Agustus.