Kemarin-kemarin dunia light novel Jepang dikejutkan oleh kabar kalau salah satu seri light novel dan anime paling dikenal jaman modern ini, Suzumiya Haruhi, akan merilis buku baru setelah selesai sembilan tahunan lalu yang berjudul Suzumiya Haruhi no Chokkan. Ada reaksi unik seperti ada yang berusaha menghubungkan perilisan buku itu dengan PM Abe Shinzou, tapi ada juga reaksi fans yang lebih meriah lagi akan kabar tersebut.

Suzumiya Haruhi adalah seri light novel yang ditulis oleh Tanigawa Nagaru dan dengan ilustrasi yang digambarkan oleh Ito Noizi. Novel tersebut telah diadaptasi jadi anime oleh studio Kyoto Animation, dan adaptasi tersebut membuat nama sang studio dan seri novel tersebut meleduk, dan mempopulerkan media anime adaptasi light novel.

Novel itu dimulai tahun 2003 lalu, dan telah merilis buku terakhirnya pada tahun 2011. Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, dikabarkan kalau seri itu akan merilis light novel baru lagi, yang dijadwalkan untuk dirilis pada tanggal 25 November, dan dengan versi Inggris yang juga akan dirilis secara digital bersamaan dengan versi Jepang oleh Yen Press.

Sebagai salah satu seri light novel dan anime paling terkenal pada jaman modern dan awal abad 21 ini, tak begitu mengherankan melihat ada berbagai reaksi akan kabar tersebut. Contohnya kemarin adalah adanya netizen Jepang yang merasa ada hubungan antara seri Suzumiyar Haruhi dengan karir politik dari Perdana Menteri Jepang Abe Shinzou yang mengundurkan diri minggu lalu.

Tapi selain yang agak ajaib itu, ada juga yang lebih meriah, yang bisa diduga adalah dengan tarian memetic dari seri itu, Hare Hare Yukai. Mereka yang melakukannya adalah staff dari toko merch anime Gamers, yang cocok karena fans dapat pre-order buku itu disitu.

Toko tersebut juga bisa sukses berkat membantu mempromosikan anime Suzumiya Haruhi itu diawal penayangannya, dan bahkan dimemorialisasikan dalam bentuk anime pada seri KyoAni Lucky Star yang juga erat dengan seri Haruhi.

Mungkin berkat promosi seru nan kocak dari toko itu, baru diumumkan oleh pihak seri Suzumiya Haruhi kalau kini buku light novel Suzumiya Haruhi no Chokkan jadi menempati rank nomor 1 dalam list Best Selling Books dalam website Amazon Japan.