Survey mengenai anime terbaik silih berganti diadakan oleh para penyedia layanan bagi para otaku. Salah satunya desember kemarin sudah keluar animanga, husbando, dan game paling top versinya Otamart. Hari ini penulis gantian akan memberikan list anime paling favorit sepanjang tahun 2017 versi dari situs terkemuka Nico Nico.

Berbeda dengan hasil survey otamart yang kebanyakan emang dipenuhi oleh responden wanita. Nico Nico memberikan hasil yang lebih fair dan beragam. Dalam polling survey ini Nico Nico memang ingin mengeksplor anime apa sih yang menjadi paling favorit di tahun 2017 kemarin? Tak tanggung tanggung, event ini bahkan diberi nama Net Users ga Honki de Erabu! 2017-nen Anime Taisho atau Net Users Honestly Choose! 2017 Anime Awards. 

Total ada 146.158 responden yang telah menyumbangkan suara mereka. Dan akhirnya terpilihlah 20 anime paling favorit di mata para fans. List dibawah ini merupakan hasil final ya. Dirangkum dari polling suara reposnden cowok maupun cewek. 🙂

Dimulai dari peringkat 20 sampai 11. Kebanyakan diisi oleh anime bergenre fantasy dan slice of life. Urutannya adalah sebagai berikut:

20. Mr. Osomatsu

19. Infini-T Force

18. Princess Principal

17. The Ancient Magus’ Bride

16. Eromanga Sensei

15. Kino’s Journey – The Beautiful World

14. Aho Girl

13. Restaurant to Another World

12. Fate/Apocrypha

11. Magical Circle Guru-Guru

 

Lalu di posisi 10 sampai 6 besar sedikit berbeda. Sepertinya di tahun 2017 banyak penonton lebih suka melirik anime action dan idol.

https://youtu.be/lgt9CmGDBYk

10. Girls’ Last Tour

9. The Idolm@ster SideM

8. Katsugeki! Touken Ranbu

7. Miss Kobayashi’s Dragon Maid

6. Blood Blockade Battlefront & Beyond

 

Oke. Setelah perjalanan panjang dari urutan paling bontot. Sekarang kita masuk ke lima besar anime paling favorit tahun 2017. Siap-siap kaget nih akiba-chan dan akiba-kei. Karena bisa jadi yang kalian tebak bakal menduduki peringkat tinggi malah nggak masuk hitungan. 😀

5. Saga of Tanya The Evil (幼女 戦記)

Masih ingat dengan gadis kecil yang menjadi kepala militer ini? Anime dengan tema yang lumayan berat dan alur cerita peperangan ternyata cukup diminati penonton. Terbukti si sadis Tanya bisa masuk ke posisi 5. Apa karena tokoh utamanya imut ya? entahalah 😀

 

4. Made in Abyss

Sempat beredar gossip bahawa anime ini kurang sip ternyata nggak membuat fans lain mudah terpengaruh dan menilai mentah-mentah. Anime tentang gadis yang berteman dengan humanoid tersebut ternyata tetap meluncur ke peringkat atas.

 

3. KonoSuba 2 (この 素晴らしい 世界に 祝福を!)

Hmmm… yang ini sudah tidak diragukan lagi. Season pertamanya aja udah rame banget. Wajar kalau season lanjutannya bisa menjadi peringkat tiga besar.

 

2. Land of the Lustrous (宝石の 国)

Nah ini yang nggak disangka-sangka. Penulis sempat skip karena tidak begitu banyak hype di awal episode mereka. Namun ternyata semakin kebelakang semakin dinantikan. Karakter yang tidak biasa, jalan cerita yang luar biasa mengantarkan Houseki no Kuni menduduki peringkat kedua.

 

1. Kemono Friends (けもの フレンズ)

Finally~ yang merajai anime paling favorit tahun 2017 adalah teman-teman berbulu yang cute menggemaskan. Ditambah lagi sempat beredar kisah menyentuh hati Grape-kun yang ada kaitannya dengan serial ini. Meskipun diterpa kabar tak sedap tentang drama sutradara nya. Kemono Friends tetap menjadi yang nomor satu di hati fans. Percaya deh ya 😀

Gimana nih? favorit kalian ada nggak dalam list diatas?