Dengan lebih dari 35 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, LINE WEBTOON secara perlahan telah mengubah cara remaja dan millennial membaca komik dalam beberapa dekade terakhir. Mengundang Kim JunKoo – pencetus Webtoon, Park TaeJun – kreator LOOKISM (webtoon nomor satu di Korea), dan Archie the RedCat – kreator EGGNOID (webtoon nomor satu di Indonesia), LINE WEBTOON menjadi bagian dari POPCON ASIA 2016 untuk merayakan dan mengapresiasi para kreator dan kontribusi mereka kepada industri kreatif.

11

Dengan misi korporasi LINE yaitu “Close the Distance”, LINE bertujuan untuk membantu para penggunanya menjadi lebih dekat, tidak hanya dengan para pengguna lain, akan tetapi juga dengan beragam informasi, layanan dan produk, termasuk hiburan, seperti komik melalui LINE WEBTOON. Setelah lebih dari 12 tahun sejak peluncuran pertamanya di Korea, LINE Webtoon telah berkembang menjadi salah satu penyedia komik digital terbesar di dunia.

16

Kim Jun Koo, pencetus LINE WEBTOON menyatakan, “Pada tahun 2004, industri komik di Korea menghadapi masa yang sulit. Dan kemudian saya memiliki visi untuk menciptakan sebuah platform bagi pecinta komik dan di saat yang bersamaan memberi dukungan kepada para kreatornya dan menghubungkan mereka dengan para  pembaca di seluruh dunia. Saat ini, LINE WEBTOON mengubah lanskap industri komik digital, dengan memberi kemudahan dan aksesibilitas bagi para pembaca dan membuka kesempatan serta senantiasa memberikan dukungan pada kreatornya.”

Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada April 2015, LINE WEBTOON Indonesia telah berhasil meraih pembaca terbanyak dibandingkan negara lain, dengan 6 juta pengguna aktif bulanan. Secara keseluruhan, LINE WEBTOON memiliki 88 judul webtoon yang tersedia untuk pembaca di Indonesia, 36 diantaranya adalah judul webtoon lokal; 11 telah tamat dan 25on-going. Kabar terbaru, sudah ada dua judul komik karangan anak bangsa yang sudah di-publish di Thailand dan menjadi list komik terfavorit, yaitu Eggnoid karya Archie dan My Pre-Wedding karya Annisha.

Hal yang melatarbelakangi masuknya Webtoon ke Indonesia adalah karena banyaknya pembaca Webtoon yang sudah berkembang di Indonesia bahkan sebelum media komik ini masuk ke Indonesia. Komik-komik yang beredar di Webtoon Korea diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dan menarik seorang komikus Indonesia meminta kepada Webtoon untuk menerbitkan Webtoon versi Indonesia.

“Indonesia adalah pasar fokus kami, dan kami ingin dapat tumbuh bersama Indonesia, dengan cara berkomitmen untuk mendukung talenta lokal Indonesia. Tidak hanya dengan memberikan sebuah platform untuk mempublikasikan konten mereka secara berkala, tapi kami juga menjamin kompensasi yang kompetitif untuk mendukung karir mereka, dan mengekspos mereka untuk menjangkau audiens internasional,” tambah Kim Jun Koo. 

Founder dari Webtoon ini mengespektasikan akan adanya media mix, dimana komik-komik yang ada pada Webtoon bisa diangkat dalam media film, animasi, maupun game. Kim Jun Koo juga berpendapat komik digital tidak akan mematikan komik cetak, justru akan saling mendukung antar media komik.

Eggnoid menjadi salah satu favorit dari Kim Jun Koo karena ceritanya mengandung simpati. Menurutnya simpati akan lebih mudah mengena kepada pembaca.

10

Park Taejun, kreator LOOKISM menyatakan, “Saya selalu suka untuk menggambar imajinasi saya sejak saya masih kecil, dan kemudian saya menemukan platform LINE WEBTOON. Tidak hanya memainkan peran penting dalam bagaimana remaja dan millenial Korea membaca komik saat ini, LINE WEBTOON juga memudahkan masyarakat mengambil bagian. Lalu saya memutuskan untuk membuat webtoon berdasarkan pengalaman saya di SMA.”

LOOKISM menceritakan tentang kisah seorang pelajar SMA bernama Park Hyung Suk, yang di bully oleh teman sekolahnya karena kondisi fisiknya yang tidak menarik. Saat ini, webtoon LOOKISM menempati urusan nomor satu di Korea. “Saya percaya LINE WEBTOON telah menjadi bagian dari global pop culture saat ini. Saya sangat gembira dan senang dapat bertemu dengan penggemar saya pada acara POPCON ASIA 2016 ini di Indonesia dan saya sangat bangga bahwa karya saya dapat dinikmati oleh pembaca mancanegara,” kata Park TaeJun.

12

Archie juga berpendapat “Saya sangat bangga dapat berada disini dan saya berharap industri komik di Indonesia dapat berkembang lebih besar lagi. Bagi saya, LINE WEBTOON Indonesia telah mendukung penuh talenta lokal dan saya harap hal ini dapat senantiasa mengembangkan industri komik di Indonesia, karena talenta Indonesia memiliki banyak potensi,”