Jika kalian membaca light novel Sword Art Online yang merupakan Based Story dari animenya, kalian akan mengetahui bahwa light novel SAO dibagi menjadi beberapa Sub Category dan Volume. Setelah berjalan ke Volume 9, maka kalian akan sampai pada Sub Category Alicization Arc. Arc tersebut dikatakan akan menghabiskan 9 Volume. Dan kali ini ada berita bagus mengenai Arc Alicization SAO tersebut!

Arc Alicization SAO diumumkan bahwa akan diadaptasi menjadi manga. Diumumkan melalui sebuah tweet Kotaro Yamada, mangaka dari Sword Art Online: Phantom Bullet. Dia mengatakan bahwa ia akan menggambar Arc Alicization SAO karya Reki Kawahara ini. Manga tersebut katanya akan mulai diterbitkan pada tanggal 9 Agustus yang akan datang. Dan akan mulai diterbitkan dalam majalah Dengeki Bunko Magazine volume ke 51.

Untuk versi light novelnya, Arc Alicization SAO ini sudah mendekati akhir dari jalur ceritanya. Ceritanya pun makin mendebarkan pada volume 17 yang baru dirilis pada tanggal 9 April kemarin. Mungkin tinggal satu volume lagi hingga akhirnya Arc Alicization capai akhir ceritanya.

Sword_Art_Online_Vol_17_-_185
Sop Iler (Spoiler) Alert! Ilustrasi denah pasukan pada perang besar Underworld di volume 17

Nah buat Akiba-chan dan Akiba-kei yang belum familiar sama Arc Alicization ini, saya kasih deh sedikit reviewnya. Yuk disimak!

Short Review Prolog Arc Alicization “Sword Art Online”

Cerita dari arc Alicization ini berawal pada bulan Juni, 2026. Kirigaya Kazuto (Kirito) ditawari pekerjaan di sebuah perusahaan swasta bernama Rath, oleh Kikuoka Seijirou. Seorang anggota penanganan Korban SAO sebelumnya yang sudah berkerja sama dengan Kazuto sejak akhir insiden Sword Art Online. Pekerjaan tersebut adalah untuk menguji generasi ke 4 eksperimen mesin FullDive. Disebut juga Jiwa Penterjemah (STL), yang berlangsung pada prinsip-prinsip yang sama sekali berbeda dari mesin FullDive sebelumnya.

Tugas yang diberikan pada Kirito tampaknya sederhana, hanya tetap di FullDive terus menerus selama akhir pekan. Dan memori dari pengujian tersebut akan diblokir sebagai ukuran keamanan. Namun, tanpa sepengetahuanya, perusahaan itu tidak benar-benar menguji mesin itu sendiri. Akan tetapi menciptakan jenis khusus Bottom-up dari Artificial Intelligence (AI) untuk penggunaan militer.

Bagaimana kelanjutannya? Baca aja sendiri deh wkwkwk. Nah kan adaptasi manganya udah lampu ijo nih. Jadi mari berharap adaptasi animenya pun menyusul 😀