Jepang memang negara mecha, dengan robot raksasa tak hanya meramaikan dunia animanga dan game tapi juga sudah muncul secara nyata, seperti yang terlihat berdiri dalam bentuk Gundam di Odaiba. Dan sebentar lagi akan ada Gundam raksasa kedua, yang kini sedang dibangun di Yokohama, yang bakal lebih hebat lagi karena direncanakan Gundam Yokohama itu akan berjalan. Dan baru-baru ini dibuktikan kalau hal itu memang benar.

Gundam tersebut adalah bagian dari projek Gundam Factory Yokohama. Projek tersebut telah diumumkan November 2018 lalu dalam livestream konferensi pers mengenai perayaan anniversary 40 tahun seri Gundam.

Sesuai dengan namanya, projek pembangunan patung itu akan melibatkan pihak Kota Yokohama, yang akan membawakan supervisor tehnik dan desainer baru kedalam projek tersebut. Dan pada akhirnya, patung Gundam 18 meter tersebut akan dipertunjukkan dan juga berdiri di Yamashita Pier yang terletak di Yokohama.

Patung Gundam raksasa setinggi 18 meter dan seberat 25 ton tersebut tentunya yang akan menjadi daya tarik utama lokasi tersebut, karena telah diumumkan kalau tak seperti Gundam di Odaiba yang hanya bisa menggerakkan badan pada bagian kepalanya, Gundam Yokohama juga akan bisa menggerakkan kakinya, dan bergerak melangkah maju untuk berjalan.

Suatu rencana yang terasa bagaikan imajinasi belaka karena membuat robot asli melakukan gerakan jalan pada ukuran kecil saja sudah tidak mudah apalagi yang sebesar Gundam tersebut. Tapi baru-baru ini diperlihatkan kalau Gundam raksasa nyata berjalan merupakan sesuatu yang possible.

Telah dirilis beberapa foto dan juga video yang memperlihatkan bagian tulang kerangka dalam Gundam itu sedang dibangun di Prefektur Ibaraki. Dan video tersebut memperlihatkan pengetesan bagian kakinya melakukan gerakan melangkah!

Dijelaskan kalau agar memungkinkan Gundam itu kuat bergerak, beratnya perlu dibuat lebih ringan daripada Gundam Odaiba, dan tak hanya hal itu tercapai, tapi total beratnya juga 5 ton lebih rendah dari yang direncanakan.

Berkat desain yang lebih slim, materi yang lebih ringan, dan keputusan memakai listrik sebagai sumber tenaganya. Sepertinya memang memungkinkan kalau sebentar lagi negara Jepang memiliki mecha raksasa yang benar-benar asli 😀