Gundam memang salah satu seri mecha paling ternama, yang saking besarnya sampai kini telah berdiri satu patung Gundam berskala 1:1 untuk kedua kalinya! Dan hebatnya lagi sedang dibangun satu lagi yang bisa berjalan! Dan tak hanya itu, karena nantinya tak hanya akan ada patung Gundam di Jepang, tapi juga sampai negara luar. Contohnya yang baru-baru ini diumumkan, adalah patung life-size Gundam China yang akan berdiri tahun 2021!

Yup, kini patung Gundam besar juga akan berdiri diluar negara kampung asalnya, yang diumumkan oleh divisi China dari perusahaan mainan ternama Bandai. Mereka memberikan pengumuman besar tersebut melalui website populer negara China Bilibili dalam event Gundam G Meeting 2020, yang dinamai sebagai Gundam China Project.

Dikatakan kalau lokasi berdirinya patung Gundam tersebut spesifiknya akan berada di Kota Shanghai, dimana disitu juga terletak markas dari Bandai Namco Shanghai. Tapi lebih tepatnya patung tersebut tidak berdiri disitu, melainkan depan Mitsui Shopping Park LaLaport Jinqiao.

Tapi Gundam apakah yang akan berdiri disitu? Apakah RX-78 sang Gundam pertama? Negara China memang suka muncul dalam cerita berbagai seri Gundam, dan memang sudah ada juga Gundam yang memakai tema negara tersebut, dengan contoh yang paling terkenal adalah Dragon Gundam dari seri G Gundam dan Shenlong Gundam alias Nataku dari Wing Gundam.

Tapi yang menarik adalah bukan Gundam-gundam tersebut yang akan berdiri menjadi patung Guntam pertama di China dan patung Gundam pertama diluar Jepang. Karena dikatakan kalau yang terpilih adalah ZGMF-X10A alias… Freedom Gundam!

Ya, sedikit mengejutkan karena Freedom tak ada kaitan dengan China seperti Nataku dan Dragon, tapi memang terasa lebih pas untuk dipilih, karena Freedom Gundam yang dipiloti oleh Kira Yamato tersebut adalah Gundam protagonis dari seri Gundam SEED dan mencapai popularitas yang begitu besar dan mendunia dibanding seri Gundam yang sebelumnya.

Tak diketahui apakah Freedom Gundam China ini akan bisa bergerak seperti di Jepang, tapi yang diketahui adalah Freedom ini dijadwalkan untuk selesai dan berdiri pada tahun 2021 nanti, dan jika sesuai dengan desain originalnya, ia akan berdiri dengan tinggi sekitar 18 meter.