Content provided by Keepo. Kurs mata uang dolar meroket gila. Rupiah pun melemah di angka yang cukup mengkhawatirkan hingga menembus angka Rp 15.000,- (5/9/2018). Kalo udah gini, mau traveling pun bakal mikir-mikir lagi. Tapi guys, benernya kamu nggak perlu terlalu terpatok dengan dolar AS, soalnya ada beberapa negara yang emang nilai tukarnya lebih rendah terhadap Rupiah loh. Jadi kamu pun nggak perlu ngerogoh uang saku lebih dalam. Inilah 6 negara tersebut.

More article from Keepo.

1 – Vietnam

Vietnam

Vietnam udah jadi primadona di wilayah ASEAN karena sering mempromosikan wisatanya. Selain wisata sejarah dan budaya, ada juga wisata alam yang bisa kamu dapatkan di tempat ini, seperti Ho Chi Minch City, Na Thrang, dan Hanoi.

Trus berapa nilai tukarnya? 1 Dong Vietnam (VND) ternyata cukup ditukar dengan Rp 0,6 aja loh. Dolar meroket timnggi? no problemo… Murah kan? Apalagi kamu juga bisa dapet bebas Visa.

2 – Sao Tome dan Principe

Sao Tome dan Principe

Mungkin kamu jarang mendengar namanya, tapi Sao Tome dan Principe terletak di Afrika Tengah. Sebagai negara kepulauan, banyak pantai dan pulau kecil yang cantik banget. Selain itu ada beberapa wisata sejarah seperti benteng peninggalan zaman penjajahan.

Untuk nilai tukarnya sendiri, 1 Dobra (STD)  setara dengan Rp 0.69.

Baca Juga:

3 – Laos

Laos

Walau letaknya terjepit di antara Thailand, Vietnam, Tiongkok dan Myanmar, tempat ini punya banyak pesona wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Luang Prabang, salah satu kota yang udah diakui oleh UNESCO.

Untuk nilai tukar mata uang 1 Kip (LAK), nilainya setara dengan Rp 1.76. Plus jangan lupa, kamu juga masih bisa dapet bebas visa di negara ini.

4 – Kolombia

Kolombia

Kolombia adalah salah satu negara di Amerika Selatan. Sayang banget kalo kamu melewatkan liburan di tempat ini, karena ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi, seperti Cartagen, Bogota, Tayrona National Park, dan hutan Amazon.

Nilai tukarnya pun relatif rendah loh. 1 Peso Kolombia (COP) itu setara dengan Rp 4.85.

5 – Belarus

Belarus

Pengin liburan ke Eropa tapi takut biayanya bengkak? Cobain deh mampir Belarus. Negara yang terletak di Eropa Timur ini berbatasan dengan Rusia, Ukraina dan Polandia. Di Belarus, bangunannya punya arsitektur unin dan cantik loh.

Mata uang Rubel Belarus (BYR) dipatok setara dengan Rp 0.7 aja!

6 – Iran

dolar meroket

Iran adalah salah satu negara yang ramah bagi para wisatawan. Berbagai destinasi luar biasa kamu bisa temukan di Iran. Banyak hal yangb isa kamu temukan di tempat ini, mulai dari arsitektur khas Persinya yang menakjubkan, pantai-pantai yang indah, hingga suasana kota dan padang pasirnya. Apalagi Iran punya 19 situs warisan budaya yang udah diakui UNESCO loh.

Nilai tukar negara ini yaitu 1 Rial Iran (IRR) setara dengan Rp 0,36!
Walaupun Rupiah melemah dan dolar meroket, kamu nggak perlu khawatir nggak bisa traveling, karena di negara-negara ini, kamu bisa mendapat nilai mata uang yang lebih murah daripada Rupiah.