Walau dalam masa pandemik, tetap masih bisa ada bioskop di Indonesia ini yang masih buka, dan berbagai film anime dari Jepang masih bisa masuk dan tayang, contohnya Kimetsu no Yaiba Mugen Train yang akhirnya tayang di Indonesia awal tahun ini setelah diundur. Dan bicara soal hal itu, baru-baru ini ada kejutan seru, dimana saat libur lebaran nanti akan tayang juga film anime yang sempat menurunkan posisi film Kimetsu di Jepang, yaitu film anime Gintama Final!

Gintama berawal sebagai manga history sci-fi comedy buatan Sorachi Hideaki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP yang pertama dimulai tahun 2003. Akan tetapi dikarenakan situasi “menarik” dari akhir manga Gintama, chapter akhir dan epilognya dirilis pada majalah manga Jump lain, Jump Giga, dan kemudian juga dirilis online via app Gintama.

Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi seri anime, yang pertama diproduksi oleh studio Sunrise, dan kemudian dapat sequel yang dibuat oleh Bandai Namco Pictures. Dan selain itu ada juga beberapa adaptasi film live-action dan movie anime.

Dan sekalian balik pada topik utama, anime Gintama akhirnya menayangkan bagian akhir dari kisah manga Gintama dalam bentuk anime sebagai finale anime Gintama, yang dengan cocoknya dibuat sebagai film berjudul Gintama The Final yang tayang pada tanggal 8 Januari 2021.

Film tersebut menunjukkan performance yang sukses dan mengejutkan, dengan seperti yang dikatakan diawal, berhasil menurunkan film Kimetsu Mugen Train dari ranking mingguan box office Jepang untuk pertama kalinya dan meraih posisi nomor 1 pada saat perilisannya, walau setelah itu Kimetsu balik pada posisi pertama lagi.

Dan akhirnya setelah kita menikmati film Kimetsu, giliran film Gintama The Final yang akan tayang pada bioskop Indonesia. Dengan dikabarkan kalau CBI Pictures akan membawa film Gintama The Final (dilokalisasikan sebagai Gintama The Very Final) untuk tayang di Indonesia tanggal… 12 Mei 2021!

Tak diberikan detail mengenai lokasi, tapi dikonfirmasikan kalau bioskop CGV dan Cinepolis akan menayangkan film tersebut. Tak diberikan info detail juga mengenai apakah penayangan di Indonesia juga kemungkinan ada fanscreening yang memberikan bonus seperti ilustrasi Kimetsu buatan Sorachi sensei. Yang jelas saat nonton nanti patuhi protokol kesehatan ya~