Hai Akiba-kei dan Akiba-chan penggemar JRPG! E3 telah lama selesai namun hype masih tinggi sampai saat ini. Kali kita akan membahas salah satu game yang paling ditunggu fans RPG sedunia, The Legend of Zelda : Breath of the Wild. Judul baru dari franchise Legend of Zelda atau yang disebut juga Hyrule ini dikenalkan sebagai game open world RPG yang menjunjung tinggi kebebasan dalam eksplorasi dunia Hyrule. Yuk kita lihat apa saja sih yang menarik dari video streaming E3 Nintendo Treehouse dengan tamu spesial, Eiji Aonuma, sang produser sendiri.

Sheikah Slate

Sheikah Slate adalah fitur utama yang mendukung semua fitur gameplay dalam game ini. Bentuknya seperti smartphone atau lebih tepatnya seperti controller WiiU. Sheikah Slate digunakan hampir untuk semua hal. Seperti membuka peta, menandai tempat tujuan, mengintai musuh, menyimpan rune-rune upgrade yang didapatkan selanjutnya dalam game, dan masih banyak yang tidak ditunjukkan dalam demo E3 kali ini.

Combat System

Senjata dalam game ini adalah barang-barang yang memiliki “nyawa” sehingga akan rusak dan hancur suatu saat. Hampir semua yang monster musuh pegang dapat terlepas dan dapat kita pungut untuk dijadikan senjata. Bahkan tangan monster tengkorak yang jatuh bisa dipakai! Variasi perlengkapan perang dan attack style dari masing-masing tipe senjata memungkinkan banyaknya cara untuk bertarung dalam game ini.

Gathering System

Apalah arti game open-world kalau tidak ada gathering system. Di game ini ada banyak sekali barang-barang berguna yang tersebar di seluruh penjuru peta. Dengan senjata yang tepat kita dapat menebang pohon untuk mendapatkan buahnya atau untuk mendapat kayu bakar. Kita dapat memetik tanaman liar, mencari bahan di tengah-tengah semak, hingga memburu hewan-hewan liar.

Food, & Cooking System

Beda dengan game The Legend of Zelda yang lain, kali ini HP atau nyawa tidak akan didapatkan dari rumput-rumput liar yang kita potong. Lalu dari mana kita mendapatkan nyawa tambahan? Dari makanan yang kita petik. Mulai dari apel, jamur, sampai daging mentah semua tersedia dan dapat diperoleh dengan gathering system.

Lebih lanjut lagi dikenalkan Cooking System dimana kita dapat memasak barang-barang mentah yang kita punya untuk membuat item yang lebih berguna seperti untuk nyawa tambahan, mengembalikan stamina, menaikkan stats, dan masih banyak lagi.

Massive Open World

Yang paling menarik dan merupakan perubahan terbesar dalam game ini adalah style yang diubah ke RPG yang memungkinkan kita untuk bebas bereksplorasi. Dalam demo E3 kita diperkenalkan dengan great plateau sebagai tempat awal petualangan Link.

Karena versi E3 dibatasi untuk melindungi spoiler maka banyak hal yang tidak kita lihat seperti peta yang saking besarnya peta E3 hanya 2 persen dari itu, kota-kota yang tersebar di seluruh peta, NPC yang tidak kita temui sama sekali selama demo, ratusan Shrine untuk upgrade dan item serta masih banyak lagi yang akan disajikan dunia hyrule baru yang luas ini.

Seperti yang Eiji Aonuma katakan subtitle ”Breath of the Wind” pada game ini menggambarkan bagaimana dunia yang ingin disajikan. Dan demo E3 sangat mewakili itu. Dan harapannya fullgame dari Legend of Zelda yang baru ini akan menyajikan dunia yang jauh lebih luas dan mengasyikkan.