Negara Jepang terkenal akan vending machine. Umumnya mesin itu menjual minuman atau snack, tapi negara Jepang ada dalam level yang berbeda dalam hal vending machine. Tak hanya canggih seperti bisa bersuara tsundere, tapi hampir beragam jenis produk bisa dibeli dari situ. Dan salah satu yang unik ada di Prefektur Kumamoto, yaitu insect vending machine yang menjual mushi/serangga!

Mungkin kata itu terasa pernah didengar ya, karena ini bukan pertama kalinya Jepang memiliki berita soal produk serangga. Dengan beberapa waktu lalu toko Villange Vanguard juga menjual Fukubukuro berisikan produk makanan berbahan serangga untuk menyambut tahun 2018.

Sayangnya Fukubukuro hanyalah sesuatu yang dipakai untuk menyambut tahun baru. Tapi diakhir 2018 kemarin, warga Jepang, spesifiknya di Kumamoto, bisa lebih mudah mendapatkan produk makanan serangga TAKEO, dengan dipasangkannya vending machine berisikan makanan yang terbuat dari serangga.

Mirip dengan produk Village Vanguard, disini dijual cacing dan kalajengking, dan lain-lain lagi. Produk yang termurah dalam vending machine serangga itu adalah protein bar jangkrik yang dijual seharga 700 Yen. Atau jika mau dalam bentuk lain, ada juga jangkrik yang diasinkan yang dibuat ala keripik seharga 1.300 Yen.

Mesin tersebut dipasangkan oleh seorang pemilik toko spesialis balon, Discover Ballon, berumur 34 tahun bernama Tomoda Toshiyuki. Yang ironisnya, awalnya membenci serangga, sampai ia suka membuat istrinya mengusir serangga yang masuk ke tokonya.

Ia menceritakan pertama kalinya mencoba makan jangkrik, yang menurutnya bagaikan neraka, tapi dari segi rasa seperti makan udang. Tomoda mengatakan kalau jangkrik lebih enak dimakan dengan mayonnaise atau sedikit cabe. Sementara itu selain jangkrik, juga ada serangga kumbang air, untuk mereka yang ingin makan serangga yang lebih aneh lagi.

Ia mencoba memasangkan mesin itu untuk mencari tahu apakah warga Jepang akan tertarik kepada makanan serangga. Dan hasilnya mengejutkan, karena sampai terjual 500 unit vending machine tersebut, dan ditemukan kalau dalam sebulan vending machine itu berhasil meraup keuntungan sebesar setengah juta Yen!