Beredar kabar tentang sebuah anime langka yang dibuat demi terwujudnya sosok rumah ibadah yang mengayomi pemeluk suatu agama memang cukup mencuat beberapa waktu lalu. Berdasarkan informasi di sebuah Fanspage Facebook bernama Shizuoka Muslim Association dan situs resmi MuslimJapan pada beberapa pekan silam, tepatnya pertengahan bulan Februari 2016 kemarin, sebuah wadah umat muslim di Jepang tersebut membeberkan wacana penggalangan dana demi terbangunnya sebuah masjid megah di kota Shizuoka. Dan uniknya, wacana yang telah digelar tersebut berwujud video anime berdurasi pendek, sekitar dua menit lebih, untuk menarik minat para donatur muslim yang tersebar di seluruh pelosok Negeri Bunga Sakura atau non-muslim yang tergerak hatinya.

Coba lihat betapa hebat rasa persatuan mereka. Demi sebuah cita-cita yang sungguh luar biasa baik, mereka semua rela bekerja lumayan keras untuk menggalang dana, mewujudkan apa yang dicita-citakan. Kita patut contoh nih, Minna-san! Jangan cuma berdiam diri saja jika ingin sesuatu, tapi kita mesti bertindak untuk menggapainya. Tunjukan bahwa kita tipikal orang yang pekerja keras, bukannya pemalas.

Dalam pembukaan video anime itu digambarkan seorang pria bermata sipit khas Jepang, berdiri ditengah keramaian orang, sedang membayangkan kejadian-kejadian tragis dan menyedihkan yang telah terjadi di kota Gaza, Palestina, akibat perang dengan Israel.

Detik demi detik berlanjut, semua diilustrasikan dengan sangat menyentuh. Penderitaan, rasa sakit, tumpah darah, kehilangan orang yang disayangi, semuanya tercampur dalam video kampanye tersebut. Membuat siapa saja dapat menangis saat menontonnya.

anime masjid jepang

Lalu pada akhir video, dicantumkan tulisan-tulisan bahwa bagi yang terdayuh nuraninya untuk membantu, dapat mengucurkan sedikit dari rezekinya demi terbuatnya masjid besar yang bertempat di kota Shizuoka itu. Selain sebagai sarana beribadah pada Allah SWT, masjid tersebut juga sebagai tempat bertukarnya pengetahuan antar muslim, diskusi soal kelumit senjang masalah yang belum selesai sampai sekarang di Gaza, dan menguluri mereka bantuan berupa doa atau apapun yang sekiranya membantu.

Barangkali Akiba-chan dan Akiba-kei terhentak hati untuk turut membantu. Bisa melihat lihat terlebih dahulu fanpage mereka dan menghubungi yang bersangkutan untuk info lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

SHARE
Previous articleDesain Karakter “Orange” Anime Kini Disempurnakan
Next articleTampilkan Adegan Mesum, Detective Conan Kena Protes Mayarakat Jepang!
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.