Kabar tidak sedap datang dari sister idol ternama di jepang, SNH48. “Adik” dari AKB48 yang mengawali debut tahun 2012 lalu tersebut baru-baru ini mendapat peringatan sedikit keras dari pihak manajemen pusat mereka. Peringatan tersebut bukan tanpa sebab memang. Tak akan ada asap bila tak ada yang menyulut api. Mungkin pepatah tersebut cocok untuk menggambarkan permasalah SNH48 dengan pihak manajemen ini. Buat akiba-chan dan akiba-kei yang ngerasa ngefans sama mereka, tenang dulu. Ada penjelasan lebih rinci kok dari official mereka 🙂

Pihak manajemen mengumumkan adanya konflik tersebut terjadi karena pelanggaran kontrak oleh SNH48.  Yah, siapalah orang luar yang tahu isi kontraknya secara rinci, namun memang terlihat sedikt ganjil bila sang sister AKB48 ini malah membuat sister-sister lain tanpa sepengetahuan official mereka. Seperti yang dimuat dalam berita di website resmi AKB48, pelanggaran kontrak yang dilakukan SNH48 adalah mendirikan sister group yakni BEJ48 dan GNZ48, dimana dua group tersebut tidak tekoneksi secara langsung sama sekali dengan official di jepang.  Mereka juga menjelaskan bahwa seharusnya keberadaan sisters-sisters di luar negeri (luar jepang) seharusnya berada dalam pengawasan langsung manajemen jepang. Bukan dari group yang ada di negara tersebut. Dalam artian di kasus ini yang dimaksud adalah SNH48.

AKB
Pengumuman resmi dalam official AKB48

Bagi sebagian orang awam mungkin masalah ini kelihatan begitu sepele. Tetapi ternyata memang lumayan ribet. Bayangkan saja, si SNH48 yang beberapa tahun terakhir diagungkan dan sudah memiliki banyak fans merupakan salah satu penyumbang masukan terbesar. Terus tiba-tiba mereka bikin sisters yang nggak dipantau oleh pihak manajemen, kan bahaya tuh. Selain itu kegiatan apa saja yang mereka lakukan tidak dapat terpantau oleh pihak manajemen. Akibatnya secara resmi SNH48 ini dibekukan untuk sementara.

 

Gnz48
salah satu sister group bayangan yang menjadi masalah utama

Bukan cuma berpotensi merugikan secara materi lho (secara kan nebeng nama Sister AKB48 jadi pasti banyak sekali ‘duit’ yang bisa masuk kantong hehe), barangkali pihak manajemen juga berusaha memikirkan jalan keluar supaya bila terjadi sesuatu yang tak di inginkan (seperti skandal misalnya) tidak berdampak buruk pada yang lainnya.

Baca juga: Ingin Berkencan dengan Idol Favorit Kalian? Game Ini Dapat Mewujudkannya!

Sampai berita ini menyebar luas ke dunia maya, belum ada kabr lebih lanjut bakal berakhir bagaimana konfliknya. Hanya saja, pihak manajemen mengatakan masih mencari cara bagaimana mengelola sister group AKB48 diluar jepang dengan baik, khususnya SNH48.

salah satu SNH48