Akiba-chan dan akiba-kei pencinta musik Vocaloid mana suaranya? Disini mimin akan merangkum begitu banyaknya lagu Vocaloid yang sudah dikenal selama bertahun-tahun lamanya sejak eksistensi Vocaloid masih dalam kategori ‘baru’. Semakin berkembangnya informasi, Vocaloid kini telah dikenal oleh sebagian besar pecinta musik Jepang di seluruh dunia, entah hanya pernah mendengar, agak suka sampai menjadi Vocaloid Otaku. Begitu juga dengan jumlah lagu Vocaloid yang semakin menjamur hingga hari ini yang terus bermunculan dengan warna musik dan kreasi yang berbeda-beda. Nah, akiba-chan dan akiba-kei suka sama lagu apa nih? Langsung saja berikut 10 lagu Vocaloid terpopuler sepanjang masa bagian pertama, diantaranya:

1. World is Mine

Akiba-chan dan akiba-kei pasti sudah khatam banget kan dengan lirik lagu ini? Iya, lagu yang diciptakan oleh salah satu personil band Supercell, Ryo, memang sangat fenomenal sekali di kalangan pecinta musik Vocaloid ini. Lagu yang dinyanyikan oleh Hatsune Miku ini sangat sering dinyanyikan pada saat konser Miku, baik di Jepang sendiri maupun saat tour ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Iya, bukan? 😀

Lagu yang menceritakan tentang seorang perempuan yang mengaku sebagai ‘ratu sejagad’ ini sukses mencuri hati penggemar Vocaloid. Hingga hari ini, lagu tersebut telah didengar oleh lebih dari 22 juta kali di Youtube! Wow!

2. Ievan Polkka

Lagu Vocaloid terpopuler sepanjang masa selanjutnya masih dari sang ‘princess’ Hatsune Miku nih akiba-chan dan akiba-kei! Lagu ini diadaptasi dari lagu dengan judul yang sama dari Loituma asal Finlandia. Uniknya, meskipun memiliki irama yang sama dengan lagu aslinya, namun versi Miku ternyata liriknya tidak memiliki kemiripan sama sekali dan terdengar sangat random.

Baca juga : Menapak Tilas Fenomena ‘Senam Pinguin’ Yang Melejitkan Miku Di Mata Awam

Lagu yang identik dengan daun bawang atau negi ini sangat fenomenal sejak pertama lagi lagu tersebut masuk Youtube hingga hari ini untuk sebagian orang. Tapi siapa sangka, lagu ini justru yang membuat nama Vocaloid dan Hatsune Miku melejit hingga mancanegara! Bahkan saat ini, Hatsune Miku telah memiliki akun VEVO lho di Youtube! Wah, gak mau kalah saing sama artis-artis papan atas dunia ya ternyata? 😀

3. Magnet

Ayo, siapa yang sampai hari ini masih kecanduan dengan lagu ini? Ya, lagu yang dipopulerkan oleh Hatsune Miku dan Megurine Luka ini juga menjadi salah satu lagu Vocaloid terpopuler sepanjang masa nih! Akiba-chan dan akiba-kei pasti setuju dong? Lagu yang diproduseri oleh minato ini sangat melekat dengan Vocaloid karena musiknya yang sangat asyik. Selain itu, Magnet juga sangat khas dengan earphone dengan hiasan sayap kupu-kupunya.

4. Just Be Friend

Lagu Vocaloid terpopuler sepanjang lainnya datang dari Megurine Luka nih! Lagu up beat karya Dixie Flatline ini memang mengandung makna yang sangat sedih, tapi musiknya sama sekali tidak menggambarkan kesan sedih ya? 😀 Lagu ini cukup sering dibawakan untuk kontes cosplay ataupun dance cover. Apa akiba-chan dan akiba-kei juga pernah?

5. Romeo and Cinderella

Selanjutnya masih dari Hatsune Miku, lagu Romeo and Cinderella juga menjadi satu dari beberapa lagu Vocaloid yang paling sering dibawakan saat konser Hatsune Miku. Lagu yang diproduseri oleh doriko ini juga sering terdengar ketika kita sedang pergi ke festival Jepang. Akiba-chan dan akiba-kei setuju? 😀

Baca juga : Vocaloid UNI : Udara Segar Setelah Kabar Buruk Eksistensi SeeU

6. Senbonzakura

Masih dari Hatsune Miku, lagu ini memiliki perpaduan aransemen musik tradisional dengan modern. Kostum yang dikenakan Miku juga cukup ikonik bagi kalangan penggemar Vocaloid. Lagu yang diproduseri oleh WhiteFalme ini juga sangat sering digunakan untuk dance cover maupun bon odori. Ayo, akiba-chan dan akiba-kei hafal tidak dengan liriknya? 😀

7. Meltdown

Kita lewati dulu sejenak lagu-lagu Hatsune Miku ya akiba-chan dan akiba-kei~ Lagu yang dipopulerkan oleh Kagamine Rin ini juga menjadi salah satu lagu Vocaloid terpopuler nih! Lagu yang diproduseri oleh iroha (sasaki) ini sepertinya menjadi lagu dengan durasi terpanjang dalam deretan lagu-lagu Vocaloid untuk bagian pertama kali ini, yaitu sekitar lima menit tiga puluh satu detik. Cukup lama dibandingkan lagu-lagu Vocaloid pada umumnya yang biasanya hanya tiga sama empat menit.

Bisa dibilang, lagu ini menjadi salah satu yang berhasil mengangkat nama Kagamine Twins menjadi sepopuler sekarang. Ada juga lagu lainnya yaitu Kokoro/Kokoro Kiseki dan Butterfly On My(Your) Right Shoulder yang menjadi cikal bakal kepopuleran Rin dan Len Kagamine ditengah kepopuleran Hatsune Miku yang baru saja melejit pada saat itu.

8. Rolling Girl

Kembali lagi ke Hatsune Miku ya akiba-chan dan akiba-kei~ Lagu Vocaloid terpopuler sepanjang masa selanjutnya adalah Rolling Girl. Lagu yang diproduseri oleh wowaka ini memiliki aransemen musik yang sangat semangat.

9. Tell Your World

Lagu yang diproduseri oleh livetune ini juga menjadi salah satu lagu Vocaloid yang cukup sering didengar pada saat festival Jepang. Lagu yang memiliki aransemen musik semangat dengan perpaduan musik Electronic Dance Music atau EDM ini juga sering dibawakan di konser Hatsune Miku.

10. ECHO

Lagu Vocaloid terpopuler sepanjang masa untuk bagian pertama ditutup dengan lagu berbahasa Inggris yang diproduseri oleh Crusher-P nih! Meski lagu ini terbilang baru beberapa tahun, namun sukses menarik viewers yang cukup banyak. Baru sekitar dua tahun setelah di-upload di Youtube, views hingga hari ini telah mencapai angka 16 juta lho! Angka ini pasti akan selalu bertambah.

Lagu yang dinyanyikan oleh Gumi English ini terkesan cukup robotik, sesuai dengan tema dari lagu tersebut. Lagu ECHO ini juga sangat kental dengan unsur musik Electronic Dance Music atau EDM sehingga terasa sangat ‘internasional’ sekali!

Bagaimana nih, dari kesepuluh lagu Vocaloid terpopuler sepanjang masa diatas, mana yang jadi favorit akiba-chan dan akiba-kei sekalian? Atau justru lagu favorit kamu malah belum muncul di deretan daftar diatas? Jangan khawatir! Karena mimin akan segera merilis bagian keduanya! Jadi tetap bersabar ya~ Stay tune terus di Akiba Nation ya akiba-chan dan akiba-kei!

Comments