Seri Doraemon setiap tahunnya merilis movie, dan begitu juga tahun ini, walau sayangnya perilisannya terhambat dikarenakan pandemik virus corona yang berpotensi menjangkit para penontonnya. Tapi untungnya pada akhirnya kedua movie Doraemon tahun 2020 ini bisa ditayangkan di bioskop Jepang, dengan Doraemon Shin Kyouryuu telah tayang bulan Agustus dan Stand By Me 2 baru diumumkan tanggal tayang barunya.

Doraemon Stand By Me pertama dirilis pada tahun 2014 lalu dalam bentuk 3D CG yang disutradai oleh Yagi Ryuuichi dan Yamazaki Takashi, dan dianimasikan oleh Shirogumi, Robot Communication, dan Shin-Ei Animation, dengan plot ceritanya merupakan gabungan dari beberapa chapter kisah Doraemon yang dicampur menjadi satu cerita original.

Dan kini akan dirilis kelanjutannya, Stand By Me 2 yang masih berbentuk 3D CG dan masih disutradai oleh Yagi Ryuuichi dan Yamazaki Takashi dengan Yamazaki juga menuliskan naskahnya, dan juga masih dianimasikan oleh Shirogumi, Robot Communication, dan Shin-Ei Animation.

Kisahnya dikatakan berdasarkan film anime Doraemon Obaachan no Omoide yang tayang tahun 2000, tapi dengan elemen original, termasuk sekali lagi memasukkan elemen romance antara Shizuka dan Nobita yang ada pada Stand By Me pertama.

Film tersebut seharusnya dirilis pada bulan Agustus, tapi pandemik virus corona membuat tanggal tayang film Stand By Me 2 diganti jadi tanggal tayang film Doraemon Nobita Shin Kyouryuu dan Stand By Me 2 itu sendiri diundur. Dan baru-baru ini telah diberikan update berupa pengumuman info lagu tema dan tanggal tayang barunya.

Lagu tema Stand By Me 2 ini diumumkan berjudul Niji yang ditulis oleh Ishizaki Huwie dan dinyanyikan oleh aktor tampan yang mina-san mungkin sudah kenal, yaitu aktor Suda Masaki! Imutnya, pengumuman ini dirayakan juga dengan visual spesial yang menampilkan Suda terbang dengan baling-baling bambu bersama Doraemon dan Nobita.

Bagi yang penasaran bagaimana lagunya itu, dapat mendengarkan preview lagu itu pada trailer Doraemon Stand By Me 2 yang baru! Selain itu, trailer itu dan poster baru film tersebut juga memberikan tanggal tayang baru film tersebut, yaitu pada tanggal 20 November 2020!