TV Anime Ishuzoku Reviewers memiliki perjalanan yang menarik dalam penayangannya pada musim ini. Anime ecchi dan salah satu yang terpanas dalam musim ini, yang juga membuatnya mengalami masalah dalam penayangannya. Akan tetapi seperti pepatah bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, rasanya semakin perlahan keadaan mereka membaik, dengan kabar kalau ada lagi channel TV Jepang yang mau menayangkannya.

Ishuzoku Reviewer berawal dari manga yang dibuat oleh Amahara dan digambarkan oleh masha. Mengisahkan seorang petualang bernama Stunk dan sohibnya Zel yang seorang elf, dimana mereka berperan menjadi reviewer para monster girl sekitar mereka.

Dan yang diberi review oleh mereka dan kadang ditemani petualang lainnya, adalah Seks. Jadi peran Stunk dan Zel adalah menuliskan review akan kepuasan seksual dari melakukan hubungan intim dengan para monster girl yang bekerja di distrik lampu merah.

Dengan konten yabaiii macam itu, tak mengherankan kalau distribusinya bisa tidak mulus. Salah satu distributor anime terbesar Amerika, Funimation, mengumumkan mereka berhenti menayangkan anime tersebut dengan alasan “tak sesuai dengan standard” padahal mereka sudah menayangkan beberapa episode dan bahkan memberi dub Inggris.

Dan masalah penayangan di Jepang itu sendiri juga muncul, dengan diumumkan kalau channel TV Tokyo-MX memberhentikan penayangan anime itu sejak awal Februari, dan tak lama setelah itu diikuti oleh channel TV Prefektur Kobe, SUN TV, juga mengumumkan mereka membatalkan rencana mereka menayangkan anime itu.

Akan tetapi dari akhir Februari kemarin entah kenapa nasib seri itu berubah jadi membaik. Dengan channel TV Gifu Broadcasting System mulai menayangkan versi censored anime itu dari akhir minggu lalu, dan akan tayang maraton episode 3-5 dan episode 6 dalam minggu ini.

Dan kini telah diumumkan kalau ada lagi channel TV Jepang lain yang menayangkannya, yaitu Biwako Broadcasting Corporation dari Prefektur Shiga, yang mengumumkan mereka akan mulai menayangkannya dari minggu ini tanggal 7 Maret dengan penayangan 2 episode per minggu sampai tanggal 11 April. Hebat ya hilang dua tapi dapat dua baru lagi 😀