Kyokugoma Bukan Gasing Biasa

macam-macam koma
macam-macam koma

Halooooo akiba-chan dan Akiba-kei, di era global ini gadget udah termasuk kebutuhan utama bagi manusia. Kebutuhan tersebut mengikuti kemajuan teknologi yang sangat cepat dalam 10 tahun terakhir ini, bahkan anak-anak pun tidak ketinggalan dalam penggunaan gadget. Di jaman serba praktis sekarang ini penggunaan gadget ga cuma dipakai untuk komunikasi, tapi juga banyak yang menggunakannya buat main game. Waahhh enakkk yaaa.. sekarang kalo mau main game tinggal klik aja udah bisa. (*^o^*) Eittss tapi kalo punya teman baru jangan lupain temen lama yah,, begitu pula dengan berkembangnya pesatnya permainan modern dari gadget jangan lupain permainan tradisional.

Game modern yang sangat populer sekarang menjadi perhatian dari anak-anak maupun orang dewasa ini menggeser eksistensi permainan tradisional. Sayang khan, warisan budaya permainan tradisonal harus dilupakan gitu aja. Contohnya kalo di Indonesia seperti layang-layang, congklak, gasing dan lain-lain. Tidak hanya di Indonesia ternyata, di Jepang gasing juga merupakan salah satu permainan tradisional yang dimainkan oleh masyarakat Jepang. Apa sih gasing itu??

Yupp, gasing ialah mainan yang berputar pada suatu poros dan berputar secara seimbang. Kalau gasing terdengar asing, ehmm mungkin bentuk modern dari gasing ini Beyblade kali yah..dalam bahasa Jepang gasing disebut Koma. Koma diketahui berasal dari Yunani sejak  ratusan tahun lalu dan tersebar di berbagai negara termasuk Jepang dan Indonesia. Permainan tersebut dikembangkan secara unik oleh masing-masing negara. Yuk coba aja liat langsung gambarnya..

gasing
gasing

Umumnya gasing terbuat dari kayu, namun juga ada pula yang tebuat dari plastik dan bahan-bahan lainnya. Bentuk gasing dapat dibentuk bermacam-macam juga lho. Ada yang bulat lonjong, kerucut dan lain lain. Gasing terdiri dari 3 bagian yaitu bagian kepala, bagian badan dan bagian kaki. Begitu pula perwarnaan koma, koma diwarnai sesuai dengan kreatifitas pembuatnya.

bentuk koma unik

koma yang digunakan sebagai pajangan
koma yang digunakan sebagai pajangan

Cara memainkannya pada umumnya yaitu mengikatkan tali pada kepala atau badan gasing, lalu tali tersebut ditarik kuat-kuat dan berputarlah gasing itu. Tapi juga ada gasing yang diputar tanpa menggunakan tali, namun mengandalkan keterampilan dan kekuatan tangan untuk memutar kepala gasing tersebut. Biasanya permainan ini dimainkan oleh beberapa anak, dan pemenag ditentukan oleh gasing yang berputar lebih lama.

macam-macam koma
macam-macam koma

Di Jepang ada pertunjukkan permainan gasing unik yang disebut “Kyokugoma”. Eitss kyokugoma bukan gasing biasa, di jepang,  Kyokugoma dimainkan oleh pemain khusus yang disebut  “Kyokugoma-shi” . Acara pertunjukkan ini sudah dilakukan sejak 300 tahun yang lalu di Edo atau sekarang yang disebut Tokyo. Pertunjukkan budaya ini banyak mengambil hati masyarakat untuk menontonnya. Kyokugoma-shi mempelajari teknik untuk mengendalikannya dari seorang ahli Kyokugoma lho. Jadi orang biasa belum tentu bisa melakukan pertunjukan ini.

koma yang dipakai dalam pertunjukan rakugo
koma yang dipakai dalam pertunjukan rakugo

Lalu apa yang membuatnya unik?? yang membuatnya menjadi unik adalah gasing diputar diatas jari, pedang, tongkat maupun kipas. Gasing yang digunakan untuk pertunjukkan ini disebut Edokyokugoma. 

 

edokyokugoma
edokyokugoma
pertunjukkan kyokugoma
pertunjukkan kyokugoma
harus menjaga keseimbangan nih..
harus menjaga keseimbangan nih..