Sudah beberapa bulan sejak tragedi kebakaran studio KyoAni yang menggemparkan dunia animanga. Tragedi besar yang menyebabkan kematian tiga puluhan staff KyoAni. Tapi para fans anime tak tinggal diam, dengan banyak yang bergerak memberikan donasi agar dapat membantu studio itu bisa bangkit lagi. Tapi KyoAni baru-baru ini memberikan pengumuman yang mengagumkan, dimana mereka takkan menerima donasi itu, tapi memberikannya kepada para korban.

Musibah kebakaran gedung satu studio Kyoto Animation terjadi pada tanggal 18 Juli 2019 dengan seorang pria bernama Aoba Shinji memakai cairan semacam gasolin untuk membakar studio itu. Kebakaran tersebut adalah kejadian kebakaran terbesar dalam era Reiwa Jepang dan salah satu yang terparah yang pernah ada di Jepang.

Tapi tetap ada cahaya harapan dalam kegelapan. Para fans animanga dari seluruh dunia beramai-ramai menggalang dana untuk membantu KyoAni. Dan nama-nama besar dari Jepang juga ikut membantu, sampai penyanyi terkenal Yoshiki juga.

Berkat sumbangan-sumbangan tersebut, kini telah terkumpul dana yang menembus angka semilyar Yen. Jumlah yang begitu besar yang menunjukkan impact besar yang dimiliki Kyoto Animation kepada dunia. Akan tetapi mereka memberikan pengumuman besar menyangkut donasi milyaran Yen yang mereka terima.

Isa Shinichi, kepala Komite Finance dari House of Representatives, mengumumkan melalui Twitter kalau studio Kyoto Animation tidak akan memakai uang dari donasi itu dan bantuan dari pemerintah untuk memulihkan pengoperasian bisnis mereka.

Wah, lalu uang donasi itu akan dikemanakan? Nah ini yang keren dan disaluti oleh para netizen, karena dikatakan kalau semua uang dari donasi tersebut akan diberikan kepada para korban! Dari yang memulihkan diri dan keluarga korban yang berduka.

Isa juga mengumumkan kalau Kyoto Animation akan mengadakan acara peringatan pada tanggal 3 dan 4 November di pusat konferensi Miyako Messe di Kyoto yang dapat didatangi oleh fans, dan akan diberikan detail lebih nantinya.

Salut banget kepada studio anime yang satu ini. Memilih untuk memulihkan bisnisnya sendiri tanpa bantuan dan justru memberikan bantuan yang diterima kepada korban jiwa yang terluka. Hebat sekali KyoAni! Ganbatte dan jangan kalah!!