Sudah beberapa bulan terlewati sejak tragedi Kebakaran Studio Kyoto Animation yang terjadi pada bulan Juli kemarin. Keadaan studio tersebut terlihat mulai membaik, dengan mulai mengumumkan projek yang mereka kerjakan. Kini ada update baru lagi dari studio tersebut. Diantaranya adalah pembatalan KyoAni Award yang ke-11, dan juga mulai dirobohkannya lokasi bekas kebakaran pada gedung studio 1 KyoAni.

Musibah kebakaran pada gedung 1 dari studio Kyoto Animation terjadi pada tanggal 18 Juli 2019 kemarin dengan seorang pria bernama Aoba Shinji memakai cairan semacam gasolin untuk membakar studio tersebut.

Kebakaran tersebut adalah kejadian kebakaran terbesar dalam era Reiwa Jepang dan salah satu yang terparah yang pernah ada di Jepang, yang pada akhirnya menewaskan sampai tiga puluhan staff studio Kyoto Animation dan mengirim banyak korban lainnya ke rumah sakit, dimana beberapa tak selamat dan menambah jumlah korban jiwa.

Akan tetapi CEO dari Kyoto Animation mengatakan mereka tetap takkan menyerah, dan ini dibantu lagi dengan berbagai sumbangan yang diterima studio tersebut. Belum lagi, kemarin-kemarin mereka juga mengumumkan pembukaan aplikasi untuk sekolah animasi Kyoto Animation.

Sekolah tersebut akan dimulai dari April 2020 dan berlokasi di studio 2 Kyoto Animation dan juga di Osaka dekat Animation Do. Tapi ada kabar yang tak begitu menggembirakan yang diumumkan bersamaan dengan hal itu. Yakni pembatalan kompetisi Kyoto Animation Award ke-11.

Acara itu sendiri adalah penghargaan untuk mencari benih-benih light novel baru untuk mereka terbitkan dan animasikan. Anime light novel KyoAni macam Chuunibyou demo Koi ga Shitai, Kyoukai no Kanata, dan Violet Evergarden, adalah contoh pemenang dari acara penghargaan tersebut.

Selain itu, bicara soal studio, baru dilaporkan kemarin oleh berita NHK kalau gedung studio 1 yang menjadi tempat terjadinya tragedi kebakaran Kyoto Animation, mulai dihancurkan pada tanggal 25 November ini.

CEO KyoAni Hatta Hideaki dan pengacara Kyoto Animation telah mengadakan brieing dengan warga Kota Fushimi untuk mendiskusikan lokasi tersebut. Dikatakan kalau gedung utamanya akan benar-benar dirobohkan mulai dari Januari dan selesai bulan April 2020. Masih belum diketahui akan dibangun apa lagi sebagai penggantinya.