Anime musim Winter 2018 telah berjalan hampir dua minggu. Akibanation juga sudah membuat list anime Winter 2018 yang ditunggu penonton anime. Ada banyak yang seru atau yang moe atau yang romantis. Tapi ada satu seri anime Winter 2018 yang tak terduga. Seri anime yang… sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata, saking anehnya. Tapi entah kenapa, atau mungkin karena keanehan itu, kuso anime Pop Team Epic jadi dark horse anime musim winter 2018 ini dengan kepopulerannya yang mengejutkan.

Baca Juga: 10 Anime Terbaru 2018 Paling Ditunggu Penonton

Pop Team Epic atau nama original Jepangnya, Poputepipikku, adalah seri anime yang berasal dari webmanga buatan Okawa Bkub. Dan mengisahkan… sesuatu 😀 komik tersebut secara dasarnya sih gag 4koma manga, tapi tak memiliki cerita yang jelas. Yang pasti adalah komik itu memiliki dua karakter, dua gadis remaja bernama Popuko yang pendek dan Pipimi yang tinggi.

Bagi mina-san yang tahu beberapa kata Jepang, mungkin tahu kalau kuso bisa berarti shitty/tahik, tapi itu bukan pendapat kita yang mengatakan kalau anime Pop Team Epic itu shitty. Memang promo anime itu sendiri mengaku kalau mereka Shitty 😀

Seri tersebut juga sangat tak jelas sampai sang sutradara, Aoki Jun, mengaku kalau ia tak mengerti seri apa itu. Aoki sang sutradara menjelaskan kalau awalnya ia tak tahu komik apa itu, dan menerima tawaran projek anime tersebut menyangka kalau Poputepipikku adalah webkomik dengan cerita yang ringan. Dan setelah membacanya, ia bertanya-tanya komik seperti itu bisa dijadikan anime macam apa, dan membuat anime itu merupakan tantangan yang sulit baginya.

Sampai ia sambil bercanda mengatakan ia menyesal berprasangka kalau Poputepipikku adalah komik ringan saat menerima tawaran projeknya. Untungnya sih, sang original mangaka, Okawa Bkub, juga terlibat dengan menjadi pengawas adaptasi anime itu, dan ia memberikan penjelasan detail dan menawarkan ide cerita untuk anime tersebut.

Tapi sepertinya penonton anime di internet suka atau tertarik akan hal yang aneh seperti itu. Karena setelah anime Pop Team Epic tayang dalam website Nico Nico, seri tersebut sangat banyak ditonton dalam waktu yang begitu cepat.

Seberapa cepatkah kepopuleran anime Pop Team Epic? Episode pertama dari anime tersebut meraih lebih dari satu juta view dalam dua hari! Rekor yang mendekati mereka adalah episode spesial 12.1 dari anime Kemono Friends, yang mendapat 1.4 juta view dalam satu minggu.

Dan ternyata kepopuleran tersebut tak hanya di Jepang. Karena Pop Team Epic juga didistribusikan melalui streaming ke luar Jepang, salah satunya melalui Crunchyroll, penonton barat juga telah menontonnya. Dan banyak yang bereaksi akan keanehan-keanehan anime ini.

Maklum sih, karena Pop Team Epic memang suka dijadikan bahan meme di internet baik di barat bahkan sebelum dianimekan, dan ceritanya juga suka mereferensikan berbagai meme lain di internet atau budaya pop culture. Seperti dengan memparodikan adegan berbagai anime dari Ghibli sampai Kimi no Na wa, dan itupun baru episode 1. Bagi mina-san yang fans Nichijou, Osomatsu, dan Bobobo-bo Bo-bobo, ini patut direkomendasikan 😉

Comments