Content provided by Keepo. Di era teknologi yang perkembangan jamannya sangat cepat ini, tentu aja untuk urusan gadget pastinya tiap tahun bakal berubah dan setiap perusahaan teknologi pasti berlomba – lomba untuk menciptakan sebuah produk baru yang mereka anggap “revolusioner” dan pastinya akan menjadi benda yang bisa berguna bagi banyak orang. Eits, ternyata tidak semua inovasi baru yang mereka ciptakan itu berhasil loh, dan bahkan ada sebuah musem di Swedia yang dinamakan Museum of Failure, yang isinya adalah kumpulan gadget dan benda yang dianggap “produk gagal” karena tidak bisa mencapai target dan juga konsumen yang diharapkan. Ini dia diantaranya!

More article from Keepo.

1 – Teleguide

produk gagal

Mungkin sedikit dari kita yang mengetahui benda yang satu ini. Benda yang satu ini emang termasuk dalam kategori produk gagal. Selain karena bentuknya yang aneh, teleguide ini tidak memiliki pegangan sehingga sulit untuk dibawa kemana – mana, apalagi dengan model keyboardnya yang besar dan juga berat. Siapa yang mau bawa coba?

2 – Itera Bicycle

Itera Bicycle

Sepeda, udah pasti sebagian besar dari kita pastinya udah pernah mengendarai benda yang satu ini bukan? Nah, emang sih kalo sepeda itu salah satu transportasi yang paling ramah lingkungan, namun, ternyata sepeda yang satu ini punya kelemahan pada rantainya yang cepat putus, dan akhirnya masuk deh dalam kategori produk gagal!

3 – Ford Edsel

Ford Edsel

Mobil bikinan Ford yang satu ini emang identik dengan produk gagal. Pertama kali dikenalkan di tahun 1950-an, nyatanya produk Ford yang satu ini sepi peminat dan akhirnya Ford untuk memutuskan proyek mobil ini setelah berjalan 2 tahun. Eh, tapi siapa sangka kalo mobil yang satu ini sekarang nilainya miliaran rupiah loh!

4 – Kumpulan Smartphone

Kumpulan Smartphone

Nah, ngomongin soal produk gagal dalam kategori smartphone, masih inget nggak sama produk dari Nokia yang dinamain N-Gage? Produk yang satu itu emang ternyata masuk dalam kategori gagal, karena emang penjualannya yang sedikit dan akhirnya Nokia harus memutuskan berhenti produksinya. Selain itu, juga masih ada Amazon Fire Phone dan Microsoft Kin dari perusahaan lainnya.

5 – Divx Disc

Divx Disc

Datang untuk menjadi salah satu media penyimpanan media kita, eh ternyata justru gagal bersaing dengan DVD, yang saat itu emang bersaing ketat dalam urusan media penyimpanan. Dan benar, Divx kalah bersaing dan akhirnya kalah dengan DVD saat itu.

Nah, itu dia tadi beberapa benda gagal yang pernah diciptakan didunia sekarang ini, buat kalian yang ingin menonton video lengkapnya, bisa menontonnya dibawah ini: