Kumamon Beruang Jepang Terpopoler

Kumamon adalah sebuah maskot dari prefektur Kumamoto di pulau Kyushu. Karakter beruang unyu ini pertama kali dikenalkan pada 12 Maret 2010 sebagai maskot yang mempromosikan hasil bumi serta segala sesuatu tentang daerah Kumamoto. Nama Kumamon diambil dari kata ‘Kuma’ yang berarti beruang dan ‘Mon’ yang berasal dari kata mono (orang). Fakta sebenarnya di daerah Kumamoto tidak hidup satupun spesies beruang liar. Namun kini si beruang yang tak ‘lahir’ ditanah beruang ini telah mendapat gelar baru sebagai ‘Beruang terpopuler se-Jepang’.

url

Mengapa begitu? Salah satunya karena si Kumamon telah memenangkan “Yuru-Chara Grand Prix” (kontes maskot online se-jepang) dengan perolehan polling tertinggi.

Dengan merebaknya kepopuleran Kumamon otomatis perekonomian Kumamoto pun ikut melambung. Bagaiman tidak, setelah kepopuleran nya disorot banyak media merchandise kumamon terjual sekitar 29.3 milyar yen! Ini tentunya menjadi sumber penghasilan yang tak kalah besar dari hasil bumi nya sendiri. Kini kumamon telah menjadi topik hangat diberbagai kalangan baik anaka-anak maupun dewasa. Frekuensi kemunculan nya di media masa pun semakin gencar. Bahkan ada beberapa sumber yang mengatakan untuk kedepan nya karakter Kumamon akan dicintai dunia dan menjadi pesaing berat bagi mickey mouse.

cats

Baru baru ini kumamon juga menjadi bagian dari iklan untuk  turnamen lomba jogging 2-3 kilometer yang akan diselenggarakan dinas pariwisata di Osaka Nagai Park pada januari 2014. Serta, pada Tokyo Big Sight yang bertajuk  Tokyo Motor Show 2013 Raksasa mainan jepang, Takara Tomy tak mau kalah eksis merilis seri spesial Tomica Dream yang berisi miniatur mobil Korilakkuma dan Kumomon seharga 630¥  dan 730¥. Harga ini diklaim sudah termasuk pajak.

takatatomykuma

IMG_8450

kumakuma

kumaa
Kumamon dalam berbagai event :

Dance Cover by Kumamon :

Kumamon’s Song :

aa

kumama

Source : kumamon-official.jp