Masih ingat dengan beruang super populer Kumamon? Setelah sempat juga melejit lewat kolaborasi karya dengan mangaka besar. Beruang ini kembali beraksi. Maskot official prefektur Kumamoto ini bakal menjajaki dunia baru. Kumamon anime bukan lagi sekedar angan fans. Karena akan segera diterbitkan secara nyata.

Kabar adanya kumamon anime ini pertama kali diumumkan oleh sang gubernur Kumamoto. Pak Ikuo Kabashima menggelar sebuah press conference pada hari rabu kemarin. Isinya seputar project baru kumamon. Yang utama sih yaitu peluncuran kumamon anime. Rencananya anime seputar beruang koclok ini baru premiere sekitar tahun 2019. Namun diluncurkan langsung secara worldwide.

Selain itu Pak Ikuo dalam pidatonya juga menerangkan bahwa telah mengizinkan perusahaan/bisnis asing (luar jepang) untuk “menyewa” atau melibatkan maskot kumamon. Kecuali untuk bisnis di bidang yang berkaitan dengan kehutanan, agrikultur dan produk laut serta pertanian. Nah untuk izin atau alur izin penggunaan kumamon, penyewa harus membuat deal dan menghubungi Asatsu-DK Inc selaku pemegang trademark kumamon. Perusahaan ini katanya juga bakal ikut ambil bagian dalam pembuatan kumamon anime.

Kumamon anime

Wuih tambah terkenal aja nih si kuma. 😀 Padahal sebelumnya, pemerintah prefektur kumamoto hanya mengizinkan dia dipake buat bisnis dalam negeri lho. Namun setelah dipertimbangkan, kumamon dapat menjadi daya tarik untuk perusahaan asing. Jalan ini dipilih karena tahun kemarin prefektur kumamoto mengalami musibah bencana alam dashyat sehingga memerlukan banyak dana untuk perbaikan. Perusahaan asing yang menyewa kumamon akan dikenakan royalti maksimal 7% untuk kumamon. Dan dari perolehan tersebut 3-5% nya untuk perbaikan ekonomi prefektur.

Hmm… pemikiran pemerintah jepang dengan disini emang beda sih ya. Mereka sangat gesit bila menyangkut hajat orang banyak. Tapi mengenai project anime untuk kumamon belum dijelaskan lebih lanjut lagi. Kemungkinan besar akan ada press confrence atau event khusus yang membahas tentang rencana pemerintah kumamoto yang sudah disambut hangat oleh para fans ini. Yaaaa semoga cepat selesai cepat tau deh bocoran ceritanya kayak gimana. 😀 Mimin sendiri udah nggak sabar banget nih pengen tau tingkah polah kumamon saat dianimasikan.