Orang Jepang memang penuh kreativitas. Negara ini merupakan gudangnya inovasi dalam berbagai bidang. Terlebih lagi jika berkaitan dengan bisnis. Segala ide unik hingga yang tidak biasa diterapkan untuk menjadikan produk lebih bersaing di mata konsumen.

Industri makanan pun dituntut untuk menciptakan inovasi terus-menerus agar makanan kemasan buatan perusahaan-perusahaan manufaktur tetap dilirik konsumen. Akhirnya muncullah inovasi produk-produk makanan kemasan dengan berbagai rasa yang unik seperti ulsan berikut ini.

Selain ada merek-merek yang sudah terkenal, tapi banyak juga produk-produk makanan yang merupakan buatan asli alias original dari Jepang. Kira-kira apa saja ya produk-produk makanan tersebut? Di sini akan kita bahas 5 produk kemasan dengan rasa yang aneh tapi nyatanya laris manis di Jepang.

Permen Cumi-Cumi

Seperti yang kita ketahui orang-orang Jepang memang gemar sekali mengonsumsi makanan laut. Tak terkecuali cumi-cumi. Hewan laut bertentakel banyak ini banyak dijumpai dalam berbagai kuliner khas Jepang. Selain dijadikan makanan utama, cumi-cumi juga sering dibuat kudapan. Cumi-cumi kering, cumi bakar, dan isi perut cumi adalah salah satu jajanan yang disukai warga Jepang.

permen-cumi-cumi
Permen cumi-cumi

Permen cumi-cumi ini juga termasuk inovasi kudapan dari cumi-cumi yang bisa ditemui di mini market atau toserba Jepang. Tepat seperti namanya, ini adalah cumi-cumi yang dibentuk menjadi padat seperti cumi-cumi. Tetapi rasanya tidak manis seperti permen pada umumnya. Permen cumi-cumi ini justru menawarkan rasa asin dan gurih. Variasi rasanya saja terdengar gurih, yaitu telur ikan cod dan kimchi kol ala Korea.

Limun Kari

Siapa yang tak suka limun? Apalagi di saat-saat panas atau berkeringat karena beraktifitas atau olah raga? hmmm pasti badan akan terasa segar dan fresh kembali jika kita meminum sekaleng limun segar. Limun memang minuman yang sedap di lidah, dengan rasa asam dan manisnya yang menyegarkan. Di Jepang minuman khas musim panas ini disebut ramune, sesuai dengan pelafalan lemon di lidah orang Jepang. Tapi apa jadinya jika limun yang kita minum itu bukan rasa buah yang menyegarkan tapi justru rasa rempah, asin dan gurih seperti Kari?

limun-kari
Limun kari

Kari Jepang juga terkenal akan kelezatannya. Tetapi bagaimana kalau keduanya digabungkan menjadi satu? Apakah kalian bersedia mencobanya? Produk limun rasa kari ini bukan inovasi baru lagi di Jepang. Sejak tahun 2007 produk ini sudah beredar luas di Jepang. Dan tampaknya konsumen cukup menyukai rasanya. Karena hingga saat ini limun rasa kari masih terus diproduksi dan dijual di pasaran. Kalian tertarik??

Soda Belut

Belut Jepang atau unagi adalah makanan khas Jepang yang dipercaya mampu meningkatkan vitalitas. Daging hewan licin ini biasa dijadikan makanan khas musim semi dan musim panas, dalam bentuk belut bakar.

Soda belut
Soda belut

Makanan ini dipercaya mampu mengembalikan energi di tengah panasnya suhu musim panas. Sekarang bukan hanya dalam bentuk makanan penambah energi biasa, belut juga dijadikan minuman berenergi dalam kemasan. Minuman berenergi?? waaww kira-kira seprti apa ya rasanya? Coba kita bayangkan sebentar, Belut di buat jus atau semacamnya lalu kita minum? aah sudah lah, tak bisa terbayangkan rasanya akan seperti apa.

Sejak tahun 2008 lalu, Japan Tobacco Inc. mengeluarkan produk minuman berkarbonasi yang mengandung daging belut Jepang atau unagi. Minuman unik ini dikeluarkan bersamaan dengan musim memakan belut di Jepang. Jadi tak hanya menyantap daging belut bakar, masyarakat juga bisa melengkapinya dengan minum soda belut agar stamina makin prima.

Es Krim Rasa Daging

Cuaca yang panas dan tropis pasti paling enak bila kita mengkonsumsi es krim apalagi di siang hari saat jam istirahat dan setelah makan siang. Hmmmmm nyumi sekali, rasa manis berfariasi seperti coklat, vanila dan buah-buahan memang sangat pas dijadikan teman pencuci mulut, atau sekedar mendinginkan badan dicuaca yang panas. Tapi apa jadinya jika eskrim yang kita makan rasanya tidaklah manis tapi justru asin?

Es krim berpadu dengan makanan asin? Sudah bukan hal aneh lagi di Jepang. Di negara ini kalian bisa menemukan berbagai rasa es krim paling gila di muka bumi. Ada es krim yang diberi topping ayam goreng, miso dan kecap ikan, teri segar, sampai potongan gurita.

di-jepang-ular-pun-dijadikan-es-krim
Es krim rasa daging

Tak hanya toppingnya, es krimnya sendiri pun bisa dimodifikasi dengan menambahkan berbagai bahan tak biasa. Sebut saja daging kuda, lidah sapi, sayap ayam goreng, dan yang paling aneh daging ular beludak yang terkenal beracun. Tidaaaaakk, daging ular? makanan macam apa lagi ini??

Jangan salah, produk-produk es krim rasa ekstrem ini umumnya memang sengaja diciptakan untuk menarik perhatian para turis lokal maupun asing. Karena itu biasanya hanya bisa ditemui di daerah-daerah tertentu atau di taman hiburan saja.

Kari Beruang

Beruang seperti yang kita ketahui merupakan hewan besar yang saat ini merupakan termasuk hewan yang dilindungi. Tapi apa jadinya jika beruang di sini malah justru dijadikan bahan makanan?

Di Indonesia beruang mungkin merupakan hewan yang termasuk dilindungi. Tetapi di negara-negara oriental seperti China, Korea, dan Jepang, terutama pada zaman kerajaan kuno, beruang adalah bahan makanan eksotis yang hanya dipersembahkan untuk keluarga raja.

Jangan heran kalau kalian menemukan hidangan berupa cakar beruang dalam salah satu menu makan malam kaisar. Tetapi sekarang orang biasa pun bisa mencicipi daging beruang ini. Kalian bisa merasakannya melalui kari beruang dalam kaleng yang dijual di Hokkaido.

kari-beruang
Kari beruang

Makanan kemasan ini merupakan produk khas Hokkaido. Daging beruang yang terdapat di dalamnya juga berasal dari daerah setempat. Kari dengan daging beruang ini dijual sebagai suvenir bagi pengunjung daerah Hokkaido.

Bagaimana? kalian tertarik untuk mencicipi salah satu makanan di atas? atau malah kalian ingin mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah? Silahkan bereksperimen dengan hidangan kalian tapi jangan lupakan norma yang berlaku dan tetap utamakan kesehatan ya. Jangan sampai apa yang kaian makan justru menjadi sumber petaka bagi kalian.