Negara Jepang terkenal akan banyak hal. Salah duanya adalah; mereka memandang tinggi nilai pendidikan dan edukasi, dan semakin bertambahnya generasi tua dan sedikitnya generasi muda. Dan sebuah universitas terasa mencona menggabungkan kedua hal tersebut dalam cara yang unik. Yaitu pada univ Hanazono Kyoto, dimana mereka memberikan diskon uang kuliah tergantung umur, dan batasnya bisa sampai 100%!

Hal tersebut adalah bagian dari program bernama Beasiswa Pembelajaran 100 Tahun yang diadakan oleh universitas swasta tersebut. Dengan slogan yang mengatakan “Jika Kau Ubah Dirimu, Kau Mengubah Dunia”. Saat ini program tersebut baru dimulai, dan kelas pengajaran pertama dari program ini akan dimulai pada musim semi tahun depan.

hanazono

Inti dari program tersebut sederhana. Seperti yang dibilang, semakin tua umur yang mendaftar maka biaya kuliahnya akan mendapatkan persentase potongan diskon yang sesuai. Dengan nilai penyesuaian pada potongannya adalah persepuluhan.

Jadi contohnya, jika umur dari mereka yang mendaftar adalah 53 tahun, maka ia akan mendapatkan diskon biaya kuliah sebesar 50 persen. Jika umurnya enam puluhan tahun maka potongannya jadi sebesar 60 persen, dan seterusnya.

Dan seperti yang dibilang, jika umurnya sudah sampai 100 tahunan, maka biaya kuliahnya dapat potongan diskon 100 persen alias gratis! Program yang begitu menarik ya mina-san, bisa mendorong orang-orang tua yang misalkan tertarik untuk lanjut belajar tapi tak begitu ingin dibebani oleh biaya.

Program beasiswa Universitas Hanazono ini terasa bagus dan cocok juga untuk keadaan negara Jepang sekarang ini, yang seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, saat ini jumlah generasi mudanya semakin menurun, sedangkan untuk generasi orang-orang dewasany semakin bertambah dan semakin tua.

Dan secara teori juga memang ada kemungkinan kalau bagian gratisnya dari program beasiswa tersebut bisa terjadi. Mengingat sudah ada beberapa orang-orang tua di Jepang yang umurnya telah tak hanya mencapai tapi juga melampaui angka 100.

Bahkan beberapa rekor orang tertua yang masih hidup dipegang oleh orang Jepang. Seperti Tanaka Kane, orang dan wanita tertua yang masih hidup di dunia yang sekarang berumur 115 tahun. Walau dia tinggalnya di Fukuoka.

Comments