Content provided by Keepo. Game ber-genre Moba akhir-akhir ini sedang booming dengan kehadiran sejumlah game ini di smartphone, sebut saja yang paling sering dimainkan adalah AoV dan juga Mobile Legends, serta Dota 2 dan LoL untuk versi PC-nya. Bahkan akhir akhir ini juga muncul bintang lain seperti Onmyoji Arena. Seluruh game tadi punya karakteristik yang hampir sama, yaitu harus mengalahkan musuh dengan cara farming untuk mendapatkan item dan menjatuhkan seluruh tower musuh.

Sayangnya, meskipun game ini banyak dimainkan oleh kalangan kita, masih banyak lho yang ternyata belum paham dengan objective dari game ini, dan masih melakukan 5 kesalahan dasar yang bisa membuat kalian “dimaki” orang lain dan dijuluki “noob”. Apa aja sih? Yuk kita bahas satu per satu!

Baca Juga:

1 – Sering AFK saat bermain baik normal maupun ranked mode

Sering AFK saat bermain baik normal maupun ranked mode

AFK adalah singkatan dari Away From Keyboard yang artinya seorang pemain tidak menjalankan karakternya beberapa saat, entah dengan alasan apapun. Biasanya, yang sering dijumpai adalah karena masalah jaringan, namun nggak menutup kemungkinan banyak yang AFK karena disengaja, entah karena frustasi dengan game maupun alasan yang lain. Sebagai pengguna game yang bijak, hindari AFK sebisa mungkin agar game bisa berjalan secara fair dan tidak merugikan tim kalian.

2 – Nggak pernah memperhatikan draft hero tim

Nggak pernah memperhatikan draft hero tim

Selain kemampuan individu, draft hero dalam permainan Moba sangat menentukan kemenangan dan cara bermain tim secara keseluruhan. Biasanya, sebuah tim harus memiliki beberapa role wajib yang harus terpenuhi, misalnya seorang tanker,support, dan carry yang punya job desc masing-masing untuk memperoleh kemenangan. Kebiasaan dari pemain Moba adalah asal melakukan pick dan jarang ada yang mau menjadi seorang support yang sebenarnya lebih susah dimainkan, namun punya andil yang besar juga dalam tim.

3 – Banyak omong, dan trashtalk

Banyak omong, dan trashtalk

Pernah nemuin player yang seperti ini? Langsung report saja. Penyakit lama terutama yang sering dijumpai pada server SEA adalah banyak pemainnya yang hanya mengandalkan skill “bacot”nya ketimbang kemampuannya bermain, suka mengolok orang lain dan memprovokasinya. Kalian sebagai player yang baik, hindari sebisa mungkin tindakan seperti ini, toh kita bermain untuk bersenang-senang, bukannya mencari masalah dengan orang lain kan?

4 – Suka ngambek pas bermain, entah karena penyebab apapun

Suka ngambek pas bermain, entah karena penyebab apapun

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, penyakit pertama dan utama serta harus diberantas dari server SEA adalah banyak pemainnya yang masih “ababil” dan suka ngambek saat bermain, misalnya karena teman setimnya yang melakukan kesalahan, hingga ngambek karena nggak di kasih hero favoritnya. Nah, kalo kalian jadi salah satu player yang seperti ini, mulai sekarang jangan diulangi lagi ya!

5 – Kebiasaan nafsu untuk melakukan kill ke musuh alias mukil

Kebiasaan nafsu untuk melakukan kill ke musuh alias mukil

Nah, ngaku deh siapa yang suka melakukan hal ini ketika bermain game Moba? Nah, hindari sebisa mungkin “nafsu” untuk melakukan kill terhadap lawan. Bukannya nggak boleh, namun kadang saking nafsunya, bukan lawan yang mati, tapi justru kalian yang harus mati karena kecerobohan kalian tidak memperhitungkan kesempatan dengan baik.

Kalo kalian masih punya salah satu dari kebiasaan di atas, ada baiknya untuk segera menghentikannya dan mulailah bermain dengan cara yang baik agar meningkatkan kualitas game dan orang di sekitar kita. Semoga bermanfaat!