“Kotowaza” Peribahasa ala Jepang!!!

kotowaza
kotowaza

Halloo Akiba-chan dan Akiba-kun…. >.< ada gak nih Akiba-chan atau Akiba-kun yang sekarang lagi belajar bahasa Jepang atau di sekolahnya ada pelajaran bahasa Jepangnya??  belajar bahasa Jepang tentunya sangat menyenangkan ya.. apalagi buat Akiba-chan dan Akiba-kun yang suka tantangan nonton Anime raw (tanpa subtitle), ayoooooo angkat kaki tangann !!!! Nah buat Akiba-chan dan Akiba-kun yang lagi belajar bahasa Jepang nih.. udah tau belum istilah “Kotowaza” ??

poster kotowaza nih guys~

Kotowaza itu apaan sihh?? Kata yang memiliki kanji berdiri sendiri ini 諺=ことわざ(kotowaza) memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu “Peribahasa”. Kalau denger kata peribahasa udah punya gambaran kan kayak gimana.. Yup, di Jepang juga ada peribahasa atau sering juga kita kenal sebagai pepatah. Tapi tentu aja terbentuknya istilah yang digunakan dalam peribahasa mereka sesuai dengan budaya Jepang sendiri ya…

kartu kotowaza

Ternyata kotowaza juga ada persamaan dengan peribahasa bahasa Indonesia lho.. mau tau apa aja ?? :D

1. Shippai wa seikou no moto – 失敗は成功の元
~ Kegagalan adalah pangkal keberhasilan.
Peribahasa Indonesia = “Kegagalan adalah awal keberhasilan.”

2. Saru mo ki kara ochiru – 猿も木から落ちる
~ Monyet juga jatuh dari pohon.
Peribahasa Indonesianya = “Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga”

3. Chiri mo tsumoreba yama to naru – ちりも積もれば山となる
~ Debu pun jika di kumpulkan bisa menjadi gunung.
Peribahasa Indonesia = “Sedikit-dikit lama-lama menjadi bukit”

4. Isseki nichou – 一石二鳥.
~ Sekali melempar batu, mendapat dua ekor burung.  
Peribahasa Indonesianya = 
“Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”

5. Kuraku o tomo ni suru – 苦楽をともにする
~ Susah senang kita pikul bersama.
Peribahasa Indonesianya = Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul”

kotowaza

Wah tentunya sangat banyak sekali ya kotowaza-kotowaza menarik dan hampir sama dengan arti peribahasa Indonesia. Namun tidak semuanya ada padanannya yah, karena kotowaza terbentuk dipengaruhi oleh budaya Jepang itu sendiri.

Akiba-chan dan Akiba-kei tertarik untuk lebih mengetahui dan belajar kotowaza ??? Konon, di Jepang kotowaza dipelajari sejak SD lho.. Untuk lebih mudah menghafal ada Kotowaza Karuta atau disebut Kartu Kotowaza, jadi kita juga bisa belajar sambil bermain dengan kartu kotowaza ini. Kalau ada gambar akan lebih mudah untuk mengingat artinya bukan??

kartu kotowaza 2

kotowa benkyoushimashou