Jepang memang negara yang begitu unik dalam hal ide, apalagi mengubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Kita sudah melihatnya dengan kereta yang disulap jadi sebuah Cat Cafe dan lomba dimana kontestan perlu menyulap bagian belakang truk jadi taman kecil. Kali ini ada kabar “sulap” lagi dari Jepang, dengan ukuran yang lebih besar lagi dari kedua contoh tersebut. Dimana Kota Jepang Muroto sulap SD lokal jadi Aquarium!

Tapi bukan seluruh area sekolahnya dikelilingi kaca dan dibanjiri air sih 😀 Tapi ini tetap sesuatu yang lumayan memukau. Karena sekolah dasar tersebut, SD Shiina, diubah menjadi taman rekreasi aquarium, ala Sea World. Tapi kenapa mereka melakukannya?

Muroto

Alasannya agak bikin sedih sih mina-san. Yaitu karena penurunan populasi daerah tersebut membuat kota itu jadi sepi. Karena seperti yang kita telah tahu, populasi generasi muda di Jepang semakin sedikit. Apalagi karena penduduk kota tersebut, yang terletak di Kouchi, juga ada yang pindah ke daerah perkotaan yang lebih besar.

Dan supaya kota tersebut tidak semakin sepi, salah satu tindakan yang dilakukan, adalah dengan mengubah gedung sekolah Shiina yang tak dipakai itu, menjadi taman rekreasi. Ide yang lumayan bagus, karena itu bisa membuat tempat yang unik yang bisa menarik wisatawan. Maka jadilah, Muroto Schoolhouse Aquarium.

Keren sekali melihat gedung sekolah yang tak terpakai dan tak ada murid didalamnya, sekarang tetap dipenuhi kehidupan, dalam bentuk ikan-ikan, yang berenang-renang tak hanya dalam aquarium yang dipasang di berbagai ruangan sekolah itu, tapi juga pada berbagai bagian sekolah itu yang diisi air, seperti wastafelnya.

Dan ikan-ikan yang ada disitu juga beragam jenisnya, dari ikan pari sampai ikan hiu! Bahkan pemandangan yang begitu unik di Aquarium tersebut, adalah melihat bekas kolam renang SD Shiina, yang sekarang telah diubah jadi kolam laut campuran yang berisikan ikan hiu dan fauna lautan lain.

Menarik sekali nasib gedung sekolah tersebut. Walau sudah bukan tempat mengajar murid, dengan diubah jadi Aquarium, gedung itu tetap bisa menjadi tempat untuk belajar, dengan anak-anak dapat melihat dan belajar berbagai macam ikan yang ditampilkan disitu.

Dan ternyata ada hasil yang bagus dari Schoolhouse Aquarium ini. Karena pembukaan Aquarium tersebut dilakukan pada saat liburan Golden Week di Jepang pada bulan April kemarin, dan itu membuat kota Muroto jadi ramai oleh pengunjung yang datang kesitu. Jadi terlihat kalau tujuan utama Muroto Schoolhouse Aquarium juga tercapai. Semoga saja berkat Aquarium itu, kota Muroto jadi semakin ramai setiap tahunnya.