Halo Akiba-kei dan Akiba-chan. Setelah menunggu dan menunggu, akhirnya!!Β Movie maha karya Shinkai Makoto, Kimi no Na wa, akan memasuki bioskop di Tanah Air ini. Yaitu pada tanggal 7 Desember nanti. Wah semakin dekat saja ni~h jadi makin tak sabar πŸ˜‰ Dipasang trailer Indonesianya juga deh di artikel ini buat pemanas πŸ˜€ Tapi kita pindah topik, karena topik utama artikel ini adalah impact Kimi no Na wa di Jepang. Tepatnya, di Prefektur Gifu, dimana Kota Hida meraup untung besar berkat Kimi no Na wa, terutama dari bidang turisme. Yuk kita lihat detailnya πŸ˜‰

Sebelumnya, ada kabar mengenai terciptanya lokasi Anime Pilgrimage baru berkat Kimi no Na wa. Lokasi tersebut adalah Kota Hida. Dan sebagai kelanjutan hal tersebut, sekarang kota Hida telah menjadi kota yang banyak dikunjungi oleh para otaku dan fans Kimi no Na wa. Bidang turisme kota tersebut mendapat keuntungan yang sangat besar. Diperkirakan telah didapatkan keuntungan sebesar 18.5 MILYAR Yen!

kiminonawa-hida1

Sebuah Program TV di Jepang memberitakan keuntungan tersebut. Berbagai lokasi Pilgrimage dari Kimi no Na wa yang diperlihatkan dalam artikel sebelumnya; seperti stasiun Hida-Furukawa dan Kuil Hien, telah didatangi sampai sekitar 750.000 pengunjung otaku! Dan ada bisnis lokal khas kota Hida seperti Sake. Dibuat produk sake yang memiliki botol yang sama dengan di anime itu.

kiminonawa-hida2

Sake tersebut dijual di perpustakaan lokal kota Hida, yang juga merupakan salah satu lokasi Pilgrimage. Masing-masing botol dijual seharga 3.240 Yen. Dan produk tersebut terjual laris, bahkan sampai sold out! Tapi tenang saja karena dengan permintaan darurat, sake tersebut sedang diproduksi lebih banyak lagi πŸ˜‰

kiminonawa-hida3

Program tersebut juga memiliki segmen wawancara bersama produser Kimi no Na wa, Kawamura Genki. Dimana disitu ia juga memberikan sedikit teaser mengenai projek mereka yang berikutnya, yang bisa berbentuk film atau novel. Teaser konsepnya adalah β€œTak dapatkah kau merasakan hal ini?” hmm apa maksudnya ya? Apakah akan berhubungan juga dengan dunia remaja seperti komentar Shinkai sendiri mengenai projek berikutnya?

kiminonawa-hida4

Tapi bukan disitu saja, karena di Program TV Jepang lain diperlihatkan lagi usaha kota Hida dan pendapat penduduk lokalnya akan turisme Pilgrimage ini. Diperlihatkan kreativitas dan kepedulian kota Hida kepada para pengunjung otaku.

Lokasi Pilgrimage stasiun Hida-Furukawa ternyata sekarang memasang tempat dudukan di salah satu jendela stasiunnya. Jendela ini tapi spesial karena memperlihatkan salah satu pemandangan scene kereta ikonik Kimi no Na wa. Dudukan tersebut adalah untuk membantu pengunjung yang ingin mengambil foto pemandangan tersebut.

kiminonawa-hida5

Contoh yang lain lagi adalah salah satu restoran mie Soba bernama Nakaya. Pemilik restoran tersebut memanfaatkan keuntungan kedatangan pengunjung otaku dengan membuat paket mie spesial yang ia beri nama, Kimi no Soba πŸ˜€ yang masing-masing seharga 1.030 Yen.

kiminonawa-hida6

Program itu juga memberitakan soal Sake yang sold out tadi. Salah satu penjual sake tersebut diwawancarai, dan dari pengalamannya, ini pertama kalinya ia mendapat permintaan darurat karena Anime, atau seperti yang dikatakan olehnya, β€œ[your name] Emergency Demand” πŸ˜€

kiminonawa-hida7

Aaaaaaa jadi ingin coba kesana deeeh Tapi uang belum cukyup πŸ˜€ Yah untuk sekarang kita tunggu saja penayangan Kimi no Na wa di Indonesia ini dulu, abis itu baru coba pergi ke Hida tahun depannya ehehehe