Cosplay saat wisuda? tampilkan kostum terbaik kalian!

Masih ingat biasanya kostum khas apa yang dipakai saat upacara kelulusan SMA? Atau mungkin yang udah wisuda di perguruan tinggi? Hmm… apa ya, kalau disini sih, pasti identik dengan corat-coret baju (waktu SMA) berpakaian rapi lengkap beserta almamater dan kebaya deh kayaknya. Lalu apa hubungan nya dengan tulisan yang akan disajikan Akibanation hari ini? ga nyambung deh. Hah! Kata siapa gak nyambung?

Ini nih, Akibanation mau ngasih lihat tentang sesuatu yang unik ala Kanazawa College of Arts. Kalau kalian bosan dengan kostum formal yang itu-t-itu aja, berkeinginan merayakan wisuda dengan heboh dan ‘nggak biasa’ , bebas pakai kostum apapun sesuka hati, sepertinya kalian harus belajar yang rajin dan terbang ke jepang buat menuntut ilmu di Universitas ini. Universitas yang didirikan pada tahun 1946 ini punya tradisi merayakan upacara kelulusan dengan cara membebaskan para mahasiswa nya dalam berkostum. Bisa dibilang ini acara cosplay besar-besaran yang terselubung dalam sebuah Sotsugyou Shiki. Hahaha.

Keaneka-ragaman kostum seperti ini malah membuat kesan sekolah seni nya makin kuat ya. Yah, karena di dalam kamus seni, apapun bebas berekspresi. Kostum yang dipakai sangat amat beragam, mulai dari karakter manga, anime, game, bahkan sampai benda-benda lazim disekitar kita seperti gadget dan alat musik. Duh, kreatif sekali ya kakak-kakak ini, kalau diperhatikan sekilas jadi mirip reunion nya para cosplayer. Asiknya lagi, acara keren macam ini selalu ada setiap tahun loh, nggak cuma sekali dua kali aja. Ramai diliput media cetak dan televisi pula! Jadi, bagi yang ingin melihat penampakan para ‘cosplayer’ ini tapi jauh dari TKP, bisa cekidot di televisi. Hehe. Dan tidak hanya di Kanazawa, beberapa tahun terakhir kabarnya acara serupa sudah mulai mewabah di berbagai penjuru seperti di Universitas Kyoto.

Kanazawa, Wisuda, Cosplay
salah satu mahasiswa Seolah Seni Kanazawa yang mengenakan kostum unik, Evil Doraemon (?) 😀
Kanazawa, Wisuda, Cosplay
“Yeah! Aku lulus!” teriak sang biola
Wisuda Cosplay, Kanazawa
Shiro Hitsuji? ini saingan nya Kuroshitstuji ya? 😀
Kanazawa, Wisuda, Cosplay
Sang biola beraksi! awas aku mau wisuda!
Kanazawa, Wisuda, Cosplay
Ironman narsis nih
Kanazawa, Wisuda, Cosplay
Team Mario~

Kanazawa, Wisuda, Cosplay

Kanazawa, Wisuda, Cosplay
zombie? O_O

Kanazawa, Wisuda, Cosplay

Kanazawa, Wisuda, Cosplay
Yow man~ i’m here~

Kanazawa, Wisuda, Cosplay

Kanazawa, Wisuda, Cosplay

Kanazawa, Wisuda, Cosplay

Kanazawa, Wisuda, Cosplay

Kanazawa, Wisuda, Cosplay
Semangka!!! #salah
Kanazawa, Wisuda, Cosplay
Ketika kamera ketemu kamera….