Kosasih Award yang dikenal juga sebagai CITRA PAWITRA, merupakan salah satu ajang apresiasi untuk insan komik Indonesia.Seluruh Rangkaian Kosasih Award 2016 telah usai dilaksanakan, dari ratusan karya komik yang telah terbit dalam rentang waktu April 2015 hingga Maret 2016, terpilihlah 8 pemenang dari 8 kategori yang dipertarungkan. Penjurian dimulai dari pemilihan long list oleh tim seleksi, kemudian pemilihan short list oleh tim kurator, terakhir seluruh kurator dikumpulkan dalam sebuah rapat kemudian memutuskan para pemenang secara bersama melalui diskusi. Diskusi terjadi cukup alot, namun begitu pada akhirnya inilah komik terbaik dari seluruh komik yang telah terbit dalam satu tahun terakhir.

Kosasih Award
Kosasih Award

Karya-karya telah telah dipilih oleh kurator yang mumpuni di bidangnya, sehingga komik-komik ini boleh dikatakan terbaik dari yang terbaik. Adapun Tim Kurator dari Kosasih Award 2016, adalah Seno Gumira Ajidarma, Henri Ismono, Hikmat Darmawan, dan Rege Indrastudianto.

Seno Gumira Ajidarma, Salah Satu Tim Kurator Kosasih Award
Seno Gumira Ajidarma, Salah Satu Tim Kurator Kosasih Award

Adapaun kategori Komik yang dipertarungkan dalam Kosasih Award adalah Karakter Komik Terbaik, Nominasi Sampul Komik Terbaik, Nominasi Komik Strip Terbaik, Nominasi Gambar Terbaik, Nominasi Cerita Komik Terbaik , Nominasi Cerita Pendek Terbaik, Nominasi Komik Kampus Terbaik, Nominasi Komik Terbaik.

Dan yang ditunggu-tunggu pun tiba Pengumuman Pemenang pada malam peanugrahan Kosasih Award di Popcon Asia kemarin telah diumumkan, berikut pemenang tiap kategori Kosasih Award 2016,

1.       Karakter Komik Terbaik :Timun (Alex Irzaqi)

2.       Sampul Komik Terbaik : Hama (Potonv)

3.       Gambar Komik Terbaik : Ksatria Topeng Emas (Toto Winarno)

4.       Komik Pendek Terbaik : Harimau dari Medan ( Aji Prasetyo)

5.       Cerita Komik Terbaik : Phagia (Alzein P Merdeka)

6.       Komik Kampus Terbaik : Oppa!! (Cantika)

7.       Komik Strip Terbaik : Digidoy (M Arief S, Fajar M, Vera R, Dodi P, Yasir H, Wira)

8.       Komik Terbaik : Hama (Potonv)

Selain Pengumuman Pemenang setiap Kategori di atas, Kosasih Award pun memberikan Piagam untuk Penghargaan Khusus dan Apresiasi Khusus yang diberikan kepada Sepotong Kisah Sepenggal Kepala (Abdoel Semute)  dan Apresiasi Khusus : 9 Kisah Dakwah Wali Songo (Gerdi W K).

Founder Popcon Asia, Grace Kusnadi, Pada Kosasih Award 2016
Founder Popcon Asia, Grace Kusnadi, Pada Kosasih Award 2016