Korg MIKU Pedal: suara MIKU dari Gitar Kalian, Keren Kah?

Hatsune Miku memang tercatat sebagai program Vocaloid paling populer saat ini. Dan MIKU mendapat kesempatan pertama yang dibuatkan khusus Versi STOMPBOX Pedal nya oleh KORG. Bagi kalian yang belum tahu, Stompbox pedal merupakan Pedal unit yang sering digunakan Oleh Gitaris. Disebut stompbox karena cara penggunaanya diinjak saat main, dan Pedal ini biasanya berupa efek-efek suara yang paling umum, seperti Distorsi, Delay, Chorus, hingga digital fx seperti Synth, hingga sfx-sfx aneh lainnya.

Sebenarnya suatu keputusan yang berani, KORG meluncurkan MIKU sound processing dalam bentuk Stompbox Pedal. Karena umumnya pedal yang paling dicari oleh gitaris adalah yang dapat meningkatkan kualitas tone mereka. Dan modulation seperti MIKU ini, mungkin hanya akan di konsumsi oleh mereka yang memang suka sound aneh, kolektor, atau die-hard fans of Vocaloid khususnya MIKU. Saya sendiri bermain Gitar, dan cukup Kaget saat benar-benar dirilis KORG MIKU Stompbox ini. Karena seharusnya pasar mereka ialah pengguna keys, synth, maupun sound programmer.

Dan setelah menilik-nilik penasaran bagaimana sih Pedal MIKU, saya mampir ke Demo resmi dari KORG, dan ternyata

Cukup mengesankan, yang dimainkan chorus nya Senbonzakura, dan it’s exactly like Miku. ada 11 preset yang bisa di mainkan, termasuk aksen-aksen seperti Ahh, Pah, Nyan. Lalu lyrics Senbonzakura juga disertakan di phrase tersebut. Dan katanya melalui iPhone app, kalian bisa memasukan lyrics kalian sendiri agar miku bisa menyanyikan lagu original kalian. Jaid adakah diantara kalian yang bermain gitar? mungkin kalian bisa mencoba pedal MIKU ini jika kalian suka dengan Vocaloid.

Namun masih ada beberapa problem sepertinya dari pedal ini, karena dimainkan di gitar, Mungkin untuk mendapat artikulasi yang pas akan cukup susah. Karena kebanyakan gitaris mempunyai touch yang berbeda, dan terkadang mereka yang terbiasa melakukan tekhnik seperti bending, maupun vibrato melalui pedal ini menjadi terasa sangat aneh. Lalu transisi antar not nya juga masih sangat kasar, da jika alian menekan lebih dari satu not, misal menggenjreng Chord, maka pedal ini akan crash karena kesulitan menentukan nada mana yang harus diambil.

Berikut adalah salah satu review yang dilakukan oleh salah satu YouTubers, dan juga gitaris Professional yang tidak tahu sama sekali tentang Vocaloid. Mereka sering melakukan Reviews beberapa Gear alat Musik untuk toko musik mereka, dan sangat terkejut akan Larisnya pedal ini. Dan tentu saja mereka merasa pedal ini aneh, namun dari situ kita bisa tahu bagaimana Kesan Pertama yang dihasilkan oleh Vocaloid, dan sepertinya mereka cukup penasaran, dan mencoba sekuat tenaga untuk mengetahui sisi hebat dari pedal ini.

Tentu saja bagi mereka gitaris yang tidak tahu tentang MIKU maupun Vocaloid, pedal ini akan terasa sangat pointless, well, at least mereka dapat kesenangan dan keseruan mealaui MIKU, dan Cover dari Stairway To Heaven (Led Zeppelin) oleh miku juga sangat menarik,, hahah

Jadi, Masih banyak improvement yang harus dilakukan sepertinya untuk pedal ini, dari mulai adaptasi nya terhadap gaya permainan, untuk gitaris dan mungkin lebih baik lagi jika ada interface yang lebih baik agar lebih bisa dieksplorasi lagi. Saya pribadi ingin merasakan bagaimana sensasi membuat MIKU menyanyi melalui gitar saya. Tapi karena ini bukan Pedal untuk gitaris kebanyakan, dan seperti yang disebutkan di Situs Resminya bahwa hanya tersedia di beberapa Negara, sepertinya akan sangat langka untuk mendapatkan pedal ini.

MIku pedal Miku pedal1