Game ala anime dari Jepang kadang menghadapi halangan saat dilokalisasikan di barat, yaitu dalam bentuk masalah Censored. Sesuatu yang lumayan diperketat oleh Sony belakangan ini pada game Playstation 4, dan dulu juga suka dilakukan oleh Nintendo. Dan bagi yang sedang menunggu game Atelier Ryza 2 yang sudah terkenal akan desain karakter dengan oppai dan paha thicc, tak perlu khawatir karena telah diumumkan kalau game itu takkan kena sensor.

Game Atelier Ryza 2 pertama diumumkan dalam video Nintendo Direct Mini yang dirilis Nintendo pada bulan Juli. Game tersebut masih dikembangkan oleh GUTS dan dengan Koei Tecmo sebagai publisher. Walau awalnya diumumkan oleh Nintendo, tapi telah dipastikan kalau game itu juga akan dirilis di PC dan PS4 dan nantinya juga di PS5.

Bersetting tiga tahunan setelah game Atelier Ryza pertama, mengisahkan Ryza yang telah dewasa dan pergi menjelajah keluar dari desa kampung halamannya dan pindah ke Ibukota, dimana ia bertemu dengan teman baiknya Klaudia, dan teman-teman lamanya yang lain, dan bertemu beberapa teman baru juga, untuk menyelidiki misteri di kota tersebut.

Game tersebut telah memberi beberapa update trailer dan visual, termasuk hadir dalam event Tokyo Game Show 2020. Dan disitu beberapa fans menemukan kalau trailer TGS2020 versi Jepang dan versi Inggris memiliki isi yang berbeda.

Hal tersebut membuat beberapa jadi khawatir kalau game tersebut akan ada diedit dan terkena sensor. Tapi untungnya Koei Tecmo America kemarin memberi pengumuman melalui Twitter agar fans tak perlu khawatir.

Meskipun ada perbedaan pada dua trailer TGS, versi Inggris dari game tersebut takkan kena sensor. Komentar netizen tapi tetap ada yang waspada, dengan banyak memberi contoh game Fairy Tail yang justru diedit sensor setelah game itu dirilis.

Game Atelier memang tak begitu ada masalah sensor, dengan Atelier Ryza pertama juga tak memiliki perubahan pada versi luar Jepang bahkan pada DLC costume bikini, dengan elemen ecchi dan fanservice lebih ramai terlihat pada promosi game tersebut daripada konten default yang ada di dalam game.