Punya rencana Rocking Out alias menghadiri konser band kesayangan di Jepang? simak dulu yu aturan dan biaya nya. Pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi tips aturan dan biaya yang harus kamu siapkan sebelum kalian tersesat saat datang ke konser di Jepang. Hehe

Aturan Dasar

Begitu mengenal jepang untuk waktu yang lama tentu saja kalian akan menyadarinya bahwa jepang memiliki beraneka ragam aliran musik unik. Tidaklah lengkap rasa ngefans mu bila tidak meluangkan waktu untuk melihat konser mereka secara langsung! Dinegara asal mereka! Entah akiba-chan dan akiba-kei sengaja kesana untuk nonton atau enggak sengaja tau-tau nyampe sana. Hehe. Maka dari itu hal pertama kalian harus mengerti lebih detail mengenai hal-hal apa saja yang paling dasar.

Konser di Jepang

Hal dasar dan pertama yang harus dilakukan adalah jangan bersantai saat ingin melihat konser di Jepang. Yaa kalian tau kan… jepang mah tepat waktu banget. Nggak suka molor sehingga kalau di posternya tertulis pukul 5 sore, konser akan dimulai paling molor cuma semenit. Bahaya nggak tuh kalau kalian nyamain sama di Indonesia. Bisa-bisa ketinggalan jaoh. 😀

Baca Juga:

Lalu, di pintu masuk saat kalian membeli/menukar tiket biasanya juga bakal disuruh membayar biaya tambahan untuk softdrink. Meskipun nggak semua konser di jepang memberlakukan aturan ini sih. Tapi kebanyakan emang iya. Mungkin ini bentuk dari kerjasama penyelenggara tapi nggak terlalu buruk juga kan habis tereak bisa tukar minuman tanpa harus susah nyari Vending Machine. 😀

 

Biaya Tiket dan Habit Penonton

Tiket untuk konser dengan arena yang megah plus band internasional memeng cukup mahal. Sekali datang kalian harus menyiapkan budget sekitar ¥10.000. Tapi itu tergantung level band nya juga sih. Namun jika ingin melihat konser musik di jepang yang punya tingkat menengah dan indie, kalian cukup merogoh kocek sekitar  ¥3.000 – ¥ 6.000 Kok. Lumayan juga ya….

Nah tipsnya, dari pada beli on the spot, mending akiba-chan dan akiba-kei beli melalui website (pre-order) karena kemungkinan harganya bisa jauh lebih murah.

https://youtu.be/O_at7unykeM

Untuk kalian yang baru pertama kali nonton konser di jepang, jangan kaget dan merasa aneh dengan kebiasan orang jepang yang rapih banget. Bahkan saat menonton konser begitu. Jangan harap menemui tawuran atau kekacauan besar karena kelompok seperti itu bakal ter-banned. Selain itu kalau di konser negara lain, anggota band menjajal alat musik diatas panggung mungkin hal biasa. Tapi di jepang kayaknya jarang terjadi. Yang ada malah penonton yang mengeluarkan suara lebih “meriah” dan “antusias”. Dengan nada dan irama serasi.

Hal tersebut mereka lakukan untuk menghargai band kesayangan. Oh ya. Satu lagi, bila kalian datang ke konser di jepang kalian harus siap mengikuti habit mereka. Ada saatnya penonton harus hening, mengikuti sang idol serta berteriak penuh semangat. jangan sampai salah timing yaa 😀 Lebih bagus jika kalian memiliki kenalan di jepang. Jadi bisa “diajari” oleh partner kalian.