Sedih rasanya saat mendengar berita duka, apalagi jika yang meninggal adalah dari bagian yang erat dengan kenangan dan kesenangan dimasa kecil. Mengikuti nama-nama yang kita tonton atau baca seperti penyanyi seri Digimon Wada Kouji, aktor Tokusatsu Noumi Tatsuya, dan sutradara veteran legendaris dari Studio Ghibli Takahata Isao, kali ini yang telah meninggal adalah Sakura Momoko sensei, mangaka maruko-chan.

Sakura Momoko lahir di Kota Shimizu, Shizuoka, pada tanggal 8 Mei 1965. Ia menjadi profesional mangaka saat kuliah ditahun 1984, dan memulai manga Chibi Maruko-chan tahun 1986 dalam majalah Ribon. Manga itu tamat tahun 1996, tapi ia kemudian meluncurkan versi yonkoma Chibi Maruko-chan dari 2007 sampai 2011.

Manga itu kemudian dianimasikan dari tahun 1990 sampai 1992, dan kemudian seri anime keduanya ditayangkan dari tahun 1995 sampai sekarang, dengan total episode sudah mencapai lebih dari 1.100. Seri anime Chibi Maruko-chan juga ditayangkan di Indonesia, pada hari Minggu pagi.

Dan sepertinya takkan ada yang akan melupakan lagu endingnya yang berjudul Odoru Ponpokorin. Lagu itu memiliki melodi yang menyenangkan, meriah, dan begitu ikonik, mungkin setara dengan lagu Doraemon. Tapi yang lebih bikin sedih lagi, Sakura Momoko tak hanya original mangaka seri Chibi Maruko-chan, tapi ia jugalah yang mengkomposisi lagu ending imut tersebut.

Menurut kabar, Sakura sensei meninggal pada tanggal 15 Agustus jam 8:29 malam diumur 53 tahun. Penyebab kematiannya adalah kanker payudara. Sedikit tragis rasanya karena itu juga penyebab dari meninggalnya seiyuu karakter Sakura Sakiko kakak Maruko, Mizutani Yuuko tahun 2016 lalu.

Beberapa telah memberikan komentar akan kabar ini. Diantaranya adalah Tarako, seiyuu karakter Maruko-chan, yang mengatakan kalau Sakura sensei meninggal terlalu dini, karena masih banyak yang ingin dilakukannya.

Aida Shoichi, editor majalah Ribon yang meserialisasikan manga Chibi Maruko-chan, juga berpendapat sama, tapi juga mengatakan senyum karakter Maruko dan teman-temannya tetap akan menyala dihati pembaca dari anak kecil sampai orang dewasa.

Para staff dari studio Sakura Production yang memproduksi anime Chibi Maruko-chan juga telah membagikan gambar akan kumpulan karakter-karakter seri Maruko-chan atas kabar ini. Selamat Jalan Sakura sensei, terima kasih banyak atas seri dan lagunya yang imut dan patut dikenang.