Acara TV negara Jepang memiliki badan pengawas yang memperhatikan tayangan apa yang tak bagus untuk ditonton oleh anak-anak, yaitu BPO, atau kepanjangannya Broadcasting ethics and Program improvement Organization. Setiap bulan mereka menerbitkan keluhan-keluhan penonton akan acara yang tayang di TV. Tapi ada yang unik baru-baru ini, dimana ditemukan keluhan atau komplain akan anime NSFW larut malam, justru yang kena komplain BPO.

BPO dan anime sudah lumayan sering berhubungan. Contohnya beberapa waktu lalu dengan keluhan akan desain dari karakter Zundoumaru dari anime Youkai Watch, yang dianggap tak senonoh untuk ditampilkan dalam anime macam Youkai Watch yang ditonton anak-anak.

anime nsfw

Alasan dan isi keluhannya memang betul untuk kasus Youkai Watch tersebut, tapi untuk yang kali ini memang agak bikin geleng pala. Karena keluhannya adalah untuk konten ShinYa anime. Kata ShinYa artinya tengah malam, dan sesuai dengan arti itu, ini adalah anime yang ditayangkan larut malam, diantara jam setengah 12 sampai jam duaan pagi.

Anime macam itu contohnya adalah Sunohara-Sou, Seven Mortal Sins, Mahou Shoujo Site. Bagi mina-san yang tahu seri-seri ini, tentu tahu kalau isinya memakai tema dan atau visual yang mature, dengan adanya fanservice dan juga kekerasan atau darah-darah.

Dan demografik umur materi originalnya juga tak berpengaruh. Anime adaptasi manga Shonen macam Shokugeki no Souma dan JoJo Stardust Crusader juga masuk disini, karena adanya fanservice ecchi (untuk Shokugeki) dan kekerasan brutal (untuk JoJo).

Dan anime-anime macam itu sering mendapatkan keluhan dari berbagai penonton yang kemudian menuliskan protes mereka pada website BPO, mengatakan kalau anime macam itu tidak bagus ditayangkan karena takutnya anak-anak menontonnya.

Hal tersebut membuat kesal salah satu penonton lain yang tidak setuju akan keluhan-keluhan tersebut, dan pendapatnya diterbitkan oleh BPO dalam keluhan edisi Agustus 2018. Mengatakan sangat aneh mengeluh dengan alasan Takutnya Anak-anak Menontonnya

Karena tujuan anime –  anime nsfw itu tayang larut malam justru supaya anak-anak tidak menontonnya. Ia mengatakan juga jikalau ada anak yang tidak tidur dan justru menonton anime itu saat larut malam, maka yang bertanggung jawab adalah orang tuanya, bukanlah konten programnya.

Comments