Suzumiya Haruhi no Yuutsu bisa dibilang anime yang mulai meluncurkan popularitas adaptasi dari light novel, tapi bersamaan dengan itu popularitas mereka juga membantu mendorong ketenaran nama studio Kyoto Animation. Lalu bagaimanakah reaksi para seiyuu yang terlibat dalam salah satu anime terpopuler studio Kyoto Animation kepada tragedi Kebakaran KyoAni? Website Nijimen mengumpulkan pesan yang ditulis dalam blog tiga seiyuu Haruhi anime, lets cekidot

Chihara Minori seiyuu Nagato Yuki dan juga Erica Brown di Violet Evergarden dan Nase Mitsuki di Kyoukai no Kanata, mengatakan “Aku telah terlibat dalam berbagai projek yang dibuat dengan penuh cinta oleh KyoAni, dari Haruhi sampai Evergarden, yang masing-masing membuatku berkembang sebagai pengisi suara dan penyanyi”.

Chihara juga mengatakan kalau ia akan melakukan sebisanya untuk membuat karya KyoAni dapat lanjut sampai masa depan, dan berdoa agar hal mengerikan yang menyakiti orang-orang seperti itu takkan lagi terjadi di dunia.

Goto Yuko seiyuu dari Asahina Mikuru dan juga Gotuza-sama di Lucky Star dan Georgie di MaiDragon mengatakan “Aku telah berbicara dan didukung banyak orang di KyoAni, sekarangpun aku takut menonton berita karena bagaimana jadinya kalau nama orang-orang yang aku kenal disitu muncul?”

Goto juga mengatakan ia jadi merasa marah akan kejadian itu karena memikirkan keluarga para korban. Ia juga mendoakan hidup mereka yang tewas pada kejadian itu, dan semoga rasa sakit korban yang masih hidup bisa berkurang bahkan sesedikit apapun.

Lalu komentar dari Hirano Aya, seiyuu dari Suzumiya Haruhi, dan juga Konata di Lucky Star mengatakan “KyoAni yang membuat anime Haruhi dan Lucky Star, dua karya yang sangat formatif buatku. Aku takkan menjadi diriku yang sekarang ini tanpa karya tersebut. Karya KyoAni dipenuhi rasa cinta”

“Yang penting sekarang adalah memikirkan mereka yang terpengaruh tragedi ini. Tak banyak yang dapat kita lakukan saat ini, tapi aku ingin menjaga ketenanganku dan melihat dengan pandangan yang jernih. Yang dapat kulakukan adalah dengan mendoakan yang terpengaruh hal ini dengan sepenuh hatiku”

“Ada banyak emosi yang sedang kutekan sekuat tenaga saat ini, tapi aku merasa sangat sedih. Aku merasa frustasi. Aku tak ingin KyoAni kalah. Maaf aku tak begitu pintar dalam berkata-kata”