Semakin berkembangnya negara Jepang, bisa membawa berbagai perubahan. Tapi walau bisa membawa hal baru, kadang bisa juga membuat semakin berkurangnya beberapa elemen klasik. Contohnya penggunaan alat Kotatsu, yang menurut survey menunjukkan kalau saat ini semakin sedikit orang Jepang yang memilikinya. Dan kali ini ada lagi elemen klasik yang banyak muncul dalam animanga, yang nyatanya makin menurun, yaitu kolam renang sekolah Jepang.

Kolam renang yang ada dalam sekolah-sekolah di Jepang adalah elemen yang sangat umum dalam kisah animanga yang bersetting dalam lingkungan sekolah. Karena kolam tersebut dipakai dalam pelajaran olahraga, atau bisa juga ada scenario dimana murid dihukum untuk membersihkan kolam tersebut. Dan kolam itu juga bisa dipakai untuk memperkenalkan adegan fanservice 😉

Dalam dunia nyata, memang sekolah-sekolah di Jepang memiliki kolam renang. Kadang indoor tapi bisa juga outdoor. Tapi sepertinya hal semacam itu akan menghilang dalam dunia nyata, dan mungkin hanya tersisa dalam dunia fiksi.

Karena menurut Menteri Pendidikan, Budaya, Olahraga, Penelitian dan Teknologi, ditemukan kalau ada peningkatan akan sekolah-sekolah yang memilih untuk menutup kolam yang ada pada sekolah mereka. Dan saat memberikan pelajaran renang, mereka memakai Kolam Renang Privat atau Sekolah Renang.

Dan alasan utama akan keputusan tersebut, adalah uang. Karena biaya perawatan dari kolam renang sekolah bukanlah hal yang murah. Belum lagi jikalau umur kolam tersebut sudah terlalu tua, dan terlihat perlu diganti baru.

kolam renang

Melihat pengeluaran akan perawatan kolam yang besar membuat sekolah-sekolah merasa kalau keuntungannya tak sepadan. Walau memang memilih untuk memakai kolam renang privat memiliki tantangan tersendiri.

Sebagai contoh, sebuah SD di Prefektur Chiba dikatakan memutuskan untuk memilih memakai kolam privat, dan mereka berhasil menghemat pengeluaran sampai satu juta Yen setiap bulannya. Dari sudut pandang guru sekolah itu juga membantu meringankan pekerjaan mereka, karena belum tentu mereka yang mengajar renang memiliki pengalaman sebagai pelatih renang.

Dari sudut pandang murid juga pemakaian kolam privat ini bukanlah masalah. Dengan lebih dari 80 persen mengatakan mereka senang akan pelajarannya dan kemampuan renang mereka meningkat. Dan karena umumnya kolam privat ini indoor, mereka bisa dipakai dalam musim apapun.

Comments