Kaminoko Ike atau kolam anak dewa adalah sebuah danau mungil yang menjadi salah satu objek wisata andalan Hokkaido. Tempat indah ini berada di kawasan Kiyosato-cho, dekat Ura Mashu (Danau Mashu). Luas danau ini hanya 220 meter, sementara kedalamannya tak lebih dari 5 meter. Namun airnya sangat jernih, sehingga batang pohon yang sudah mati di dasarnya bisa terlihat jelas.

Kaminoko Ike

Uniknya, suhu air Kaminoko Ike yang konstan sepanjang tahun, yaitu 8 derajat Celsius menjadikan batang pohon yang jatuh ke dasar tidak membusuk. Pohon-pohon itu seolah membatu dan terlihat seperti baru tumbang.

kaminokoike4

Dilansir Japan Info, air Kaminoko Ike yang jernih dan berwarna biru terang berasal dari lelehan es yang hanyut dan memenuhi Ura Mashu selama musim dingin.

kaminokoike2

Warna air danau akan berubah-ubah sesuai dengan musim. Kadang Kaminoko Ike tampak seperti kolam dangkal berwarna biru pucat. Kadang dia tampil dengan warna terindahnya, hijau zamrud cemerlang. Jadi mengunjungi kolam ini akan selalu menghadirkan pengalaman baru bagi para wisatawan.

Kaminoko Ike dikelilingi perbukitan hijau yang cukup indah untuk didaki. Selain itu, Kaminoko Ike juga menjadi rumah bagi ikan-ikan trout merah.

Trout adalah nama untuk sejumlah jenis ikan air tawar genus Oncorhynchus, Salmo dan Salvelinus, semua Salmoninae subfamili dari keluarga Salmonidae. Nama Ikan ini juga digunakan sebagai bagian dari nama beberapa ikan non-salmonid seperti Cynoscion nebulosus, seperti ikan trout berbintik-bintik.

red-trout

Trout berhubungan erat dengan Salmon dan char (atau charr): spesies disebut salmon dan char terjadi pada genera yang sama seperti halnya trout (Oncorhynchus – Pacific salmon dan trout, Salmo – Atlantic salmon dan berbagai ikan, Salvelinus – char dan trout).

Kebanyakan trout seperti Trout Danau hidup di danau air tawar dan / atau sungai secara eksklusif, sementara ada ikan lain seperti Trout Pelangi yang dapat menjalani hidupnya di air tawar, atau menghabiskan dua atau tiga tahun di laut sebelum kembali ke air tawar untuk menelurkan, kebiasaan lebih tipikal salmon. Trout Pelangi yang menghabiskan waktunya di laut disebut Trout Kepala Baja (Steelhead Trout).

Trout adalah sumber makanan penting bagi manusia dan satwa liar termasuk beruang coklat, burung pemangsa seperti elang, dan hewan lainnya. Mereka diklasifikasikan sebagai ikan berminyak.