Super Hero Marvel telah mencapai popularitas yang mendunia, termasuk di Jepang. Tapi meskipun begitu Marvel juga seringnya kalah popularitas dibanding beberapa seri animanga lokal di Jepang, walau mereka tetap banyak disukai. Salah satu pengecualiannya adalah karakter Spiderman yang sangat disukai oleh orang-orang Jepang. Salah satunya adalah Kojima Hideo, yang baru-baru ini membicarakan hero Marvel tersebut.

Ya, Kojima Hideo, sang game developer yang terkenal sebagai pembuat seri Metal Gear Solid, tapi kemudian “dibuang” oleh perusahaan Konami dan mendirikan perusahaan game sendiri, dan kini sedang mempersiapkan game barunya, Death Stranding. Tapi selain game developer, ia juga memiliki obsesi akan dunia film barat, yang ia tunjukkan dalam acara Youtube miliknya.

Eniwei balik ke poin utama. Baru-baru ini ia diwawancara oleh Famitsu, dan dalam wawancaranya itu ia menunjukkan cintanya dan sisi otakunya mengenai dunia film dan entertainment barat dengan membicarakan karakter Spider-Man!

Kojima mengatakan kalau mungkin Spider-Man adalah karakter superhero yang paling disukainya. Dan ia juga menjelaskan adanya kemiripan antara Spider-Man dan karakter hero Jepang klasik, seperti Tiger Mask dan Kamen Rider, yang bisa jadi alasan popularitas karakter itu di Jepang.

Kojima mengatakan kalau Spider-Man adalah karakter Super Hero tapi dengan rasa kekhawatiran seperti karakter hero Jepang. Dan latar belakangnya yang dikarenakan sebuah “kecelakaan” ia jadi punya kekuatan super dan jadi seorang pahlawan bertopeng sangat mirip dengan Kamen Rider.

Seperti bagaimana Kamen Rider era Showa tercipta karena ia diculik oleh organisasi jahat dan dijadikan mutant, tapi kemudian memberontak dan jadinya memakai topeng untuk membasmi kejahatan. Menariknya, keduanya juga memiliki motif hewan serangga.

Dan bajunya yang ketat dan minimalis dengan sedikit gadget dan bertarung dengan gaya yang akrobatik memakai serangan tinju dan tendangan juga membuatnya mirip dengan aksi karakter Super Sentai alias Power Rangers. Hasilnya, itu membuat penonton Jepang bisa lebih terhubung kepada karakter Spider-Man karena ia ada kemiripan dengan hero lokal/masa kecil penonton Jepang.