Mungkin saat ini tak banyak yang tak kenal nama Kizuna Ai. Virtual youtuber yang semakin lama semakin populer saja, dan semakin merambah ke berbagai bentuk. Contohnya dengan dijualnya photo book Kizuna Ai, kemudian diperlihatkannya Nendoroid Kizuna Ai, dan Figure serta Figma Kizuna Ai juga diumumkan. Dan sekarang, ia akan merambah kebagian wisata, karena Kizuna Ai undang turis Amerika untuk Come to Japan.

Ya, setelah kepopulerannya kian menaik, Ai-chan mendapatkan peran yang unik lagi. Dimana ia dipilih untuk menjadi Ambasador campaign baru yang dibuat oleh JNTO (Japan National Tourism Organization) cabang New York, yang bernama Come to Japan.

Campaign tersebut dibuat untuk memperbanyak jumlah turis Amerika yang datang ke Jepang. Sesuatu yang mungkin agak aneh kalau mengingat ada banyaknya hubungan antara Jepang dan barat dalam berbagai industri dan bisnis, termasuk industri animanga.

Tapi ternyata, jumlah turis Amerika itu masih kalah kuantitas dengan turis dari negara Asia lain. Karena memang tak banyak yang bisa lancar berbahasa Inggris di Jepang, belum lagi perbedaan budaya juga, dan tak dibantu dengan konflik Youtuber Logan Paul diawal Januari kemarin yang bikin kesal warga Jepang.

Sepertinya itu juga alasan dipilihnya Ai-chan sebagai Ambasador campaign ini. Jadi semacam keterbalikan dari Logan Paul, dengan Ai-chan yang juga Youtuber tapi dari Jepang, dan memiliki konten video Lets Play dan juga ada yang diberikan sub Inggris, jadi bisa konek ke penonton barat juga.

Dan bicara soal video, Ai-chan telah merilis video akan campaign ini, Come to Japan with Kizuna Ai: Japanese Culinary Culture. Sesuai judul itu, isinya adalah mengenai hidangan Jepang. Dan yang agak unik adalah pembawaan acara Ai-chan kepada penonton. Biasanya dalam video berbentuk guide seperti ini, MC memberikan penjelasan karena ia tahu apa yang dijelaskan.

Tapi disini, karena Ai-chan bukanlah manusia asli, dapat dijadikan alasan ia belum pernah memakan makanan Jepang divideo itu, jadi terasa kalau Ai-chan belajar bersama dengan penonton. Semakin memberikan rasa koneksi pada penonton yang juga belum pernah merasakannnya.

Mina-san bisa mencoba menontonnya juga, apalagi karena memang videonya ditargetkan untuk orang Amerika, isinya jadi dalam bahasa Inggris juga. Kecuali untuk Ai-chan tentunya, yang tetap membawa acara dengan Nihongo tapi tetap ada subtitle, walau ia dengan genki membumbui dialognya dengan beberapa kata Inggris juga.

Comments