Mungkin disini sudah banyak yang tahu atau kenal akan Kizuna Ai sang Virtual Youtuber. Bisa dibilang Virtual Youtuber yang pertama, dan sampai saat ini tetap berada dalam posisi pertama juga dalam hal popularitas. Agak mengejutkan melihat bagaimana ia menamai dan mempopularitaskan konsep Vtuber di Jepang dan dunia. Dan pantas dengan hal itu, kini Ai-chan masuk dalam list jajaran orang Jepang paling mengejutkan dunia.

Yup, pencapaian yang luar biasa bagi Ai-chan. List tersebut dibuat oleh majalah Jepang Newsweek dalam segmen yang dinamai “Beberapa yang Terbaik: Dari Cendikiawan sampai Aktor, 100 Orang Jepang yang Mengejutkan Dunia”.

Segmen tersebut akan dimasukan dalam edisi 30 April dari majalah itu. Dan sesuai dengan judulnya, ada beragam orang-orang Jepang dari berbagai industri yang masuk dalam list tersebut. Tak hanya dunia entertainment tapi juga olahragawan, pelukis, designer, dan lain-lain lagi.

Selain Kizuna Ai yang masuk sebagai Youtuber, ada juga beberapa nama dunia animanga dan game lain yang masuk, diantaranya Aoyama Gosho sang mangaka Detektive Conan, dan Nozawa Masako sang seiyuu karakter Dragon Ball legendaris Son Goku, sampai Pro gamer Umehara Daigo.

Memang list yang pantas dimasuki oleh Kizuna Ai. Ia memakai konsep yang terasa begitu unik, dan ia berhasil membuat ide itu meleduk, dan menjadi titik awalnya sebagai Virtual Youtuber pertama, dan sampai saat ini juga salah satu yang terpopuler.

Kizuna Ai memulai “hidup”nya pada tanggal 18 Oktober 2016, walau aktivitasnya sebagai Youtuber dimana ia upload video benar-benar dimulai bulan berikutnya. Dari awal yang sederhana dengan berbagai video lucu-lucuan, dan lets play berbagai game mulai dari Jepang sampai game barat, popularitasnya terus meningkat.

Kini ia tak hanya melakukan lets play, tapi juga merangkap melakukan aktivitas idol dengan bernyanyi dan menari, dan juga suka ikutan campaign kolaborasi dengan berbagai perusahaan layaknya bintang, seperti cup noodle Nissin yang begitu mempopulerkan produk baru mereka, dan sebagai karakter baru game Azur Lane kemarin-kemarin.