Akiba-chan dan akiba-kei pernah nggak sih punya pengalaman mengharukan saat disekolah? Mungkin kalau disini jarang kali ya pengalaman menyentuh hati yang terekspos. Beda lagi kalau sama jepang. Sedikit cuitan saja bisa bikin netizen gempar. Seperti salah satu kisah tentang PR (tugas rumah) dari seroang guru jepang yang akan mimin bagikan berikut ini.

Kisah ini terjadi pada tahun 2016 lalu sih sebenarnya, tapi kembali booming karena sangat inspiratif. Sampai saat ini bahkan sudah dibagikan lebih dari sepuluh ribu kali oleh netizen twitter.

guru jepang
salah satu bentuk pelatihan tanggung jawab anak sd di jepang

Seperti yang akiba-chan dan akiba-kei tau, Jepang terkenal sangat ketat terhadap pendidikan anak. Bukan dalam artian sejak kecil harus hafal rumus matematika dan sejenisnya lho ya… Tapi lebih kearah pendidikan dasar untuk attitude dan perkembangan mental anak. Anak SD misalnya, mereka biasanya sudah dilatih untuk bertanggung jawab atas tugas-tugas seperti menyiapkan makanan untuk teman-teman sekelas. Tak jarang setiap pulang mereka juga mendapat PR membantu orang tua dan sejenisnya.

Tapi ada yang menarik dari sebuah PR dari guru jepang yang dishare oleh akun Marie-san berikut ini. Marie-san memiliki dua anak yang bersekolah di satu SD. Suatu hari, saat pulang sekolah, anak yang paling muda bilang bahwa dia memiliki PR yang harus disampaikan kepada mama. Marie-san mendengarkan anak itu dengan seksama. PR itu bukan berupa latihan matematika atau belajar menulis kanji. Tapi berupa sebuah instruksi:

“Peluklah mama kalian setidaknya selama satu menit setiap hari”

 

 

Awalnya ia merasa bingung. Lalu si anak pun menjelaskan lebih lanjut:

“Ibu guru bilang, mamanya meninggal saat ibu guru masih SD. Meskipun ibu guru ingin memeluk mamanya sekali lagi hal itu tidak bisa terwujud. Jadi ibu guru ingin kami bersyukur, dan mewujudkannya dengan memeluk mama dirumah sebanyak mungkin.”

Tak terasa saat mendengar itu air mata Marie-san pun sontak bercucuran. Dan tanpa basa bagi langsung memeluk kedua anaknya saat itu juga. Banyak netizen twitterpun tersentuh dengan kisah ini. Kelihatannya sepele sih, tapi mimin yakin. Kalian yang lagi merantau pasti bakal kangen banget sama mama dirumah. :’) Sama… mimin juga kok.

guru jepang

Beberapa respon dari netizen tentang kisah guru jepang yang bikin pembaca tambah baper diantaranya:

“aku jadi tidak sabar menanti anak ku pulang dan memeluk mereka”
“sungguh guru yang sangar mulia”
“aku pikir edukasi macam inilah yang banyak diperlukan anak-anak”
“pelajaran hidup yang disampaikan dengan baik sekali, aku jadi kangen ibuku”

Yes, totally agree. Mimin kira sangat penting meluangkan waktu setiap hari dengan orang tersayang, disamping tumpukan buku saat belajar. Jadi, akiba-chan dan akiba-kei. Mimin tidak akan bosan mengingatkan kalian. Sudahkah kalian menyapa orang tua kalian hari ini? :’)

Comments

Loading...