Hallo Mina-san kali ini mimin bakal ngasih tau masjid yang kokoh dan bersejarah ni di jepang penasaran ? ini dia Masjid Kobe, Masjid Kobe  merupakan masjid bersejarah di Jepang. Salah satu kisahnya, adalah masjid ini tidak hancur ketika Jepang di bombardir pasukan sekutu saat Perang Dunia II walau bangunan lainnya rata dengan tanah.

Masjid Kobe 神戸モスク  juga dikenal sebagai Masjid Muslim Kobe 神戸ムスリムモスク didirikan pada bulan Oktober 1935 di Kobe dan merupakan masjid pertama di Jepang. Pembangunannya didanai oleh sumbangan dari Komite Islam Kobe dan dimulai sejak tahun 1928 hingga dibuka pada tahun 1935. Masjid ini sempat ditutup oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada tahun 1943, tetapi sekarang sudah aktif dipakai kembali sebagai masjid. Karena memiliki ruang bawah tanah dan struktur bangunan yang kuat, masjid ini selamat dari bencana gempa bumi besar Hanshin pada tahun 1995.

Masjid Kobe

Masjid ini terletak di distrik Kitano di Kobe. Arsitekturnya dibangun dalam gaya Turki tradisional oleh arsitek Ceko Jan Josef Svagr (1885-1969), seorang arsitek yang juga membangun sejumlah bangunan peribadatan Barat di seluruh Jepang. Bangunan Masjid Kobe pun mengambil gaya arsitektur ala Timur Tengah. Jendelanya besar dan memiliki kubah besar dan dua menara tinggi yang mengapit pintu masuknya.

0502112145masjidyangtak

Namun, beberapa pihak menilai kalau bangunan Masjid Kobe berbeda dengan rumah-rumah penduduk kala itu. Masjid Kobe terbuat dari batu yang kokoh, yang berbeda dengan rumah-rumah penduduk yang hanya terbuat dari kayu. Kemudian di tahun 1995, Kota Kobe mengalami gempa yang hebat. Gempa yang terjadi akibat tiga buah lempeng yang saling bertabrakan, yaitu lempeng Filipina, lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia. 6.000-an orang tewas dan bangunan-bangunan di Kota Kobe hancur. Lagi-lagi tidak untuk Masjid Kobe, masjid ini tetap berdiri tegak.

Masjid Kobe2

Kini, Masjid Kobe menjadi destinasi tujuan traveler Muslim saat melancong ke Negeri Sakura. Kisah, sejarah serta arsitektur bangunannya bakal membuat hati berdecak kagum. Masjidnya yang indah dan bersih pun, mampu membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya.

Wah ingat ya ini kesempurnaan islam ya, bukan kesempurnaan cinta hehe ?