One Piece adalah salah satu seri animanga terpanjang yang masih berjalan dan masih sukses besar, dengan seri tersebut telah melampaui 1000 chapter, dan kini juga baru merilis buku tankobon volume ke-100. Tapi momen pencapaian yang besar tersebut dirayakan dengan cara yang pahit manis, dimana para fans diingatkan kalau Ya, One Piece akan tamat nantinya, dan akhir tersebut makin dekat karena kisahnya kini pada babak akhir.

One Piece adalah manga yang dibuat oleh Oda Eiichiro yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP sejak tahun 1997. Manga tersebut juga dapat adaptasi anime oleh Toei Animation yang mulai tayang tahun 2000 dan juga masih berjalan sampai sekarang.

One Piece menjadi salah satu seri terpanjang dan tersukses dari JUMP. Sesuatu yang menarik karena Oda dikatakan awalnya merencanakan seri itu untuk berjalan dalam 5 tahun, tapi kemudian kisahnya membesar dan kini seri itu telah berjalan lebih dari 23 tahun. Tapi mau sepanjang apapun seri itu jalan, titik akhirnya mau tak mau pasti akan datang.

Dan sekalian balik pada topik utama, minggu ini manga One Piece muncul pada halaman iklan dari beberapa koran besar negara Jepang; Asahi, Yomiuri, Mainichi, untuk merayakan perilisan tankobon 100 manga itu. Iklan tersebut merupakan foto Oda yang menggambar manga One Piece, tapi dengan kalimat yang sedih dan menggembirakan, “Kisahnya kini pada babak akhir”.

Dan akhir One Piece tak hanya tampil pada koran-koran tersebut, dengan baru-baru ini Iwasaki Yuuji sang editor ke-11 dari manga tersebut juga membicarakannya bersama Sankei News. Ia mengatakan kalau ceritanya berjalan lebih cepat dari dugaan dan ia merasa akhirnya makin dekat dengan makin bertambahnya misteri yang dipecahkan tiap minggunya.

Oda telah mengatakan pada tahun 2019 kalau kisahnya mungkin selesai 5 tahun lagi, dan ia mengatakan hal yang sama tahun lalu dengan akhir manga One Piece telah diputuskan, dan yang dilakukan sekarang hanya proses coba-coba tiap minggu untuk mencari tahu bagaimana mengarahkan ceritanya sampai pada titik tersebut.

Iwasaki juga mengatakan kalau bagian cerita WanoKuni mulai mendekati klimaks saat membicarakan akhir kisah manga One Piece dengan Oda. Dengan akhir yang makin terlihat, yang perlu dilakukan hanya terus bergerak maju.