Segala kisah mau tak mau perlu berakhir, dan itu termasuk seri manga. Mau seberapa populer atau panjangpun seri tersebut pasti chapter akhirnya akan datang, seperti pada seri macam KochiKame dan Naruto, dan bahkan One Piece sepertinya juga mulai dekat. Dan sayangnya hal tersebut juga akan datang pada seri manga Chihayafuru, yang baru-baru ini ditemukan kabar kalau klimaks ceritanya sudah semakin dekat.

Chihayafuru adalah manga karya Suetsugu Yuki berdemografik Josei alias untuk wanita. Manga tersebut mengisahkan seorang siswi sekolah bernama Chihaya Ayase yang jadi berminat menjadi seorang pemain kartu Karuta pro setelah terinspirasi dari teman sekelas barunya, Arata Wataya, yang seorang pemain kartu Karuta bertalenta.

Manga tersebut pertama dirilis pada bulan Desember 2007 dalam majalah Kodansha Comics Be Love. Manga itu juga telah mendapatkan adaptasi anime, yang pertama tayang tahun 2011 dan kemudian lanjut dengan season 2 yang tayang tahun 2013, dan season ketiga yang seharusnya tayang pada musim Spring 2019 tapi kena delay ke musim Fall 2020.

Selain itu seri animanga tersebut juga telah mendapatkan adaptasi live-action, yang dibuat dalam bentuk trilogi film yang disutradai oleh Koizumi Norihiro dan dibintangi oleh Hirose Suzu sebagai Chihaya dan Arata Mackenyu sebagai Wataya. Film pertama dan keduanya dirilis tahun 2016 dan film ketiganya dirilis tahun 2018.

Terlihat dengan berbagai adaptasi tersebut kalau seri itu memang populer, dengan manga itu juga pernah dapat penghargaan Taisho. Dan seperti Yuru Camp yang mempopulerkan hobi kemping, Chihayafuru juga dikatakan membuat permainan Karuta jadi semakin populer.

Tapi kembali kepada topik utama, menurut penulisan dalam website Amazon Jepang akan buku tankobon volume 47 dari manga Chihayafuru yang dijadwalkan untuk dirilis pada bulan Agustus, dituliskan kalau kisah Chihayafuru mendekati klimaks.

Akhir manga tersebut memang sudah pernah dibicarakan, dengan Suetsugu pernah mengatakan kalau akhir manga tersebut setidaknya tidak akan jatuh sebelum Oktober 2019, yang merupakan jadwal penayangan season 3 anime Chihayafuru setelah kena delay.