Heyho Akiba – chan dan Akiba – kei~ Gimana nih yang puasa? Lancar? Kali ini author akan membahas dua pedang kece milik Oni no Fukusho a.k.a Hijikata Toshizou di Touken Ranbu. Para rekan seperjuangan Saniwa pasti udah gak asing dong yaaaa. Yup, mereka adalah Izuminokami Kanesada dan Horikawa Kunihiro.

すみませーん。こっちに兼さん……和泉守兼定は来てませんか?あっ、僕は堀川国広です。よろしく
(Excuse me. Has Kane-san–  Izuminokami Kanesada hasn’t come here, has he? Ah, I’m Horikawa Kunihiro. Let’s get along.)

Untuk para Aruji yang baru pertama kali dapat Hori (Horikawa Kunihiro) pasti kaget ketika tiba – tiba dengar teriakan “Sumimaseeeeeennn, Kocchi ni Kane – san–” dari layar. Jika toudan lain biasanya langsung memperkenalkan nama saat muncul setelah drop atau di-smith, maka hal pertama yang dilakukan Hori adalah mencari keberadaan “Kane – san”.

Kalau yang belum dapat Izuminokami Kanesada pasti langsung bertanya – tanya, ‘Kane – san itu siapa sih?’ tapi kalau yang sudah dapat, kalau gak senyum maklum ya senyum miris. Pasalnya, salah satu ucapan Kane – san dalam game seolah menerima keberadaan Kunihiro karena dia berguna (Atau mungkin Kane – san yang terlalu tsun untuk mengakui kedekatan mereka).

Baca Juga: Touken Ranbu Anime 2017 Rilis Video Kedua: Ini Baru Lelaki!

国広…?あいつはなぁ、勝手にオレの助手とか名乗っててなあ…いや、助かってはいるんだけどな?(Kunihiro….? That guy, he called himself my assistant without telling me…. Well, he is quite helpful though, you know?)

 

Sementara Kunihironya sendiri…..

僕?堀川国広と言って、和泉守兼定と一緒に、土方歳三が使っていた脇差さ。 僕が本物の国広かどうかは意見が別れるところだけど、少なくとも兼さん……兼定の相棒だったことだけは、本当だよ
(Me? I’m Horikawa Kunihiro. Together with Izuminokami Kanesada, I served Hijikata Toshizou as a wakizashi. Whether or not I’m a real Kunihiro remains to be proven, but at the very least, I was without a doubt Kane-san’s…  I mean, Kanesada’s partner.)

Kunihiro nempel banget ya, sama Kane – san.

Tetapi, kedekatan mereka itu bukan tanpa alasa apalagi hanya sekedar delusi fangirls semata. Memiliki satu pemilik, mereka pun berbagi sejarah dan kisah.

Dalam trivia game Touken Ranbu, dijelaskan bahwa Izuminokami Kanesada dibuat untuk menggambarkan sosok tuannya, Hijikata sang wakil ketua dari Shinsengumi, secara mirip. Mungkin itulah alasan mengapa Kane – san digambarkan dengan sosok toudan bersurai hitam panjang dengan jubbah Shinsengumi yang tersampir di pundak. Mengingat bahwa Hijikata sendiri adalah sosok pria dengan rambut hitam panjang dan loyalitas kepada Shinsengumi yang tinggi.

Izuminokami Kanesada ada untuk mendampingi Horikawa Kunihiro.

Hijikata sudah memiliki Horikawa sebelum ia menjadi samurai dan menjadi salah satu dari bagian satuan pasukan Shinsengumi. Peraturan yang ada saat itu menyatakan bahwa katana hanya boleh dimiliki oleh samurai, maka Hijikata hanya memiliki wakizashi yang ditempa oleh Kunihiro sebelum menjadi anggota Shinsengumi. Horikawa Kunihro ditempa pada tahun sekitar 1531 – 1631 CE dengan panjang 64,8 cm.

Setelah Isami Kondo, Hijikata Toshizou, dan Okita Souji menjadi satuan Shinsengumi, Isami Kondo menyarankan Hijikata dan Okita untuk membeli pedang baru yang lebih bagus. Hijikata yang awalnya enggan, akhirnya menurut setelah Isami Kondo membeli Nagasone Kotetsu untuk miliknya sendiri.

Baca Juga: Houou, Phoenix Cantik Pembawa Berkah

Hijikata saat itu membawa wakizashinya, Horikawa, ke seorang penempa. Ia adalah keturunan ke 11/12 Kanesada. Hijikata memesan sebilah katana yang mirip dengan Horikawa Kunihiro. Setelah disetujui, Horikawa ditinggal sekitar Sembilan hari di tempat Kanesada selama penempaan awal berlangsung sebagai contoh, dan dikembalikan ke Hijikata saat Izuminokami hanya perlu diperhalus saja. Izuminokami Kanesada ditempa pada 1867 CE dengan panjang 70 cm. Semenjak kehadiran Izuminokami Kanesada, Horikawa Kunihiro selalu dibawa bersamanya sebagai pendamping.

Pada awal kemunculannya di game Touken Ranbu, Izuminokami masuk ke dalam kategori Tachi, tetapi pada tanggal 22 Juli 2015, Izuminokami di klasifikasikan ulang sebagai Uchigatana. Dalam game – nya, Izuminokami digambarkan sebagai sosok yang penuh dengan percaya diri. Selain itu, ia juga menyatakan bahwa sebilah pedang itu harus kuat, dan tidak ada salahnya memiliki penampilan cantik/bagus.

Hijikata Toshizou gugur pada tanggal 20 Juni 1869 karena tembakan di punggung saat melawan Restorasi Meiji di Hakodate. Jika Akiba – chan dan Akiba – kei membawa Izuminokami Kanesada dan Horikawa Kunihiro ke map 1 – 1 secara bersamaan, akan muncul mini event di mana Izuminokami menolak untuk menyelamatkan Hijikata demi menjaga ketetapan sejarah, dan Horikawa yang menanyakan “Kane – san, apa kau menangis?”.

Banyak Fanart dan Doujinshi Bertebaran

Mungkin karena sejarah yang mengatakan bahwa “Izuminokami dibuat untuk mendampingi Horikawa” dan sifat Horikawa yang ngistri banget ke Kane -san, jadi banyak orang – orang yang mengkapalkan pairing ini. Banyaknya jumlah fanart dan doujin yang bertebaran menjadi bukti bahwa mereka memang shipabel walau hanya sekedar bromance.

Berikut adalah sebuah cuitan yang dilansir dari twitter official milik Touken Ranbu :

“Horikawa Kunihiro enjoys doing chores and helping others. He is Izuminokami Kanesada’s partner, and self-proclaimed assistant. You could say he’s something like a wife.”

Tidak Dibawa ke Pertempuran Terakhir

Sayangnya, pada saat pertempuran terakhir Hijikata di Hakodate, Izuminokami Kanesada tidak dibawa. Hijikata membawa Horikawa Kunihiro bersama dengan sebilah tachi beraliran Osafune. Izuminokami sendiri saat itu dititipkan Hijikata ke Ichimura Tetsunosuka bersamaan dengan sepucuk surat, sepenggal haiku, beberapa helai rambut, dan sebuah foto untuk diantarkan ke rumah ipar Hijikata, Sato Hikogoro.

Haiku tersebut berbunyi :

“Though my body may decay

on the island of Ezo,

My spirit guards my lord in the east.”

Lalu Bagaimana Nasib Horikawa Kunihiro?

Ia dibuang kelautan bersamaan dengan 200.000 pedang lainnya, menandakan berakhir lah era pedang (Katana jidai) . sekitar 5.600 pedang berhasil ditarik keluar dari lautan dan dikembalikan ke tuannya. Sayangnya, Horikawa Kunihiro tidak termasuk di dalamnya. Jadi besar kemungkinan sampai saat ini Horikawa Kunihiro masih berada di dalam lautan lepas, sendirian, berkarat, dan terpisah dan “Kane – san” nya.

Jika dirunut dari sejarah, di antara lima pedang Shinsengumi yang ada di Touken Ranbu (Nagasone Kotetsu, Izuminokami Kanesada, Horikawa Kunihiro, Kashuu Kiyomitsu, dan Yamatonokami Yasusada), Izuminokami adalah katana yang paling “muda”.

Horikawa

Debut

Selain di game, dua pedang Hijikata ini telah membuat debut di Touken Ranbu : Hanamaru dan akan kembali memulai debutnya di Touken Ranbu Katsugeki yang akan tayang Juli 2017.

Karakter Izuminokami Kanesada dan Horikawa Kunihiro juga muncul dalam Touken Ranbu Musical : Bakumatsu Tenrouden; Shinsengumi ft Hachisuka Kotetsu.

Izuminokami Kanesada diperankan oleh Arisawa Shoutarou dan Horikawa Kunihiro diperankan oleh Ogoe Yuki.