Dalam dunia kerja di Jepang, tak jarang melihat para pekerjanya bekerja sangat serius, dan seringnya sampai pada level yang bisa membahayakan tak hanya jiwa tapi juga raga, yang terbukti dengan adanya kejadian Karoshi atau mati karena terlalu banyak kerja. Dan kerja keras dalam level yang mengkhawatirkan tersebut dapat terjadi pada perusahaan manapun pada siapapun. Contohnya Sakurai Masahiro creator game Smash Bros Nintendo.

Mungkin saat ini hampir tak ada gamer yang tak tahu kedua nama tersebut. Game crossover para karakter game Nintendo, Smash Bros, telah menjadi salah satu game terpopuler Nintendo, dengan game terbarunya, Super Smash Bros Ultimate atau Smash Bros Special, terjual sampai jutaan kopi hanya dalam seminggu.

Dan semua itu adalah berkat sang pencipta seri game tersebut, Sakurai Masahiro, yang juga pencipta dari game Nintendo Kirby. Dan pada bulan Februari kemarin, dilakukan wawancara bersamanya yang kemudian diterbitkan oleh majalah Nintendo Dream.

Dalam wawancara tersebut mereka tentu membicarakan game Super Smash Bros Ultimate alias Special, tapi sebagai pembuka diceritakan juga bagaimana sisi pengalaman “derita” dari sang developer saat mengembangkan game Smash.

Contohnya, diceritakan kalau ia pernah satu atau dua kali kena keracunan makanan pada masa pembuatan game Smash, dan bukannya pergi berobat ke rumah sakit, ia hanya suntik infus dan lanjut bekerja mengembangkan game seperti biasa. Kisah yang mengejutkan orang yang mewawancarainya juga.

Sedikit diperjelas juga kalau kerja kerasnya ini memang sudah dari pendiriannya yang pekerja keras dan bukan tekanan dari Nintendo. Sakurai sendiri mengatakan ia lebih jaga diri sekarang, dengan membuat batasan pulang kerja pada jam 10 malam.

Ia juga ambil cuti 3 hari dari 22-24 Desember kemarin, tapi meski begitu ia mengatakan ia sulit cari waktu istirahat karena Smash Bros Ultimate sedang sibuk mempersiapkan perilisan Smash DLC Joker P5 dan jika ia libur maka tim pengembang yang lain perlu menangani bagian kerjanya dan takkan bisa konsultasi dengannya.

Wah hebat sekali Pak Sakurai.. Memang sudah lumayan diketahui dalam dunia game kalau ia adalah seseorang yang begitu serius bekerja demi fans, dan itu membuatnya dikagumi, tapi banyak juga yang jadi khawatir karena itu.