Hai, hai, diantara kalian ada yang suka nonton anime yang sedikit banyak mengandung unsur mitologi? Misalnya nih, Hoozuki no Reitetsu? Yang pernah nonton sampai habis bahkan masih setia nungguin ova pasti bakal nggak asing sama satu karakter yang akan kita bahas kali ini. Sakuya Hime … merupakan sosok dewi yang dicintai oleh semua makhluk. Kalau nggak percaya coba tengok lagi cerita Hoozuki no Reitetsu episode sebelas.

Akibanation Myth Sakuya

MENGENAI NAMA

Yoosh! Kita akan mengulas sosok KONOHANA NO SAKUYA HIME. Siapa sih dia sebenarnya? Kita mulai dari nama… wanita cantik yang akrab dengan warna pink ini memiliki lebih dari satu nama. Selain singkatnya dipanggil Sakuya Hime aja, yang secara umum memiliki arti “dewi bunga yang bermekaran” ternyata dia juga memiliki sebutan lain yaitu Konohana Sakuya Hime no Mikoto, Kamuatatsu Hime, Kamu Toyoatatsu Hime, dan Kamu Atakaashitsu Hime. Panjang selai namanya hahahaha mimin  jadi susah ngapalin. 😀

Baca Juga: 5 Hal Berkaitan dg Makan di Jepang yg Jarang Diketahui Orang Awam

 

KELUARGA DAN ASAL USUL

Sakuya Hime adalah salah satu anak perempuan dari hasil pernikahan Oyamatsumi dan dewi kahyangan (sesuai cerita yang dimuat dalam buku Nihongi). Ayahnya, Oyamatsumi merupakan seorang dewa yang menguasai semua gunung dan pegunungan di jepang. Ia memiliki beberapa saudara diantaranya adalah Iwanaga-hime (alias dewi batu), Kanayama-hiko serta Kanayama-hime (alias dewa dan dewi logam). Mereka semua kata kodama lazimnya disebut Yamagami Family. Mereka memiliki peran masing-masing dalam mengatur kedamaian pegunungan.

 

PERJUANGAN HIDUP

Menurut penjelasan yang pernah ditulis oleh Mori Mizue dari Kokugakuin berdasarkan kisah mitologi dalam Kojiki dan Nihongi, Sakuya-hime yang masih gadis bertemu dengan Dewa Ninigi no Mikoto (merupakan cucu dari Amaterasu) di pantai Kasasa. Ninigi langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dan melamar dia pada ayahnya. Pada awalnya, sang ayah yang sebenarnya juga sudah setuju bermaksud sekalian mengajukan lamaran untuk kakak Sakuya-hime yaitu Iwanaga-hime, tetapi ditolak sehingga hanya Sakuya-hime yang akhirnya menikah dengan Ninigi.

Setelah menikah ia langsung hamil pada malam pertama, tetapi sang suami, Ninigi, malah tidak percaya dan menuduhnya berselingkuh dengan dewa bumi/Kunitsu Kami. (sebagai tambahan informasi: Ninigi merupakan dewa keturunan agung yang tinggal di kahyagan, bukan di bumi). Marah dan malu atas tuduhan tanpa bukti tersebut akhirnya Sakuya-hime memutuskan untuk mengurus persalinan nya sendiri.

Ia menyiapkan sebuah pondok yang kemudian sengaja dibakar saat ia melahirkan. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa anak yang ia kandung benar-benar berdarah dewa langit/Amatsu Kami (Ninigi), bukan anak dewa bumi yang seperti dituduhkan. Jika anak dewa langit, maka bayi nya akan baik-baik saja dan tidak mengalami cedera apapun dalam api. Tetapi bila bayi tersebut mati karena api berarti merupakan keturunan dewa bumi.

Dalam perjuangan itu akhirnya Sakuya-hime melahirkan tiga dewa kecil: Hoderi, Hosuseri dan Hoori (nama-nama ini diambil dari Kojiki, pada buku mitologi lain mungkin dapat berubah). Setelah proses kelahiran yang lancar Ninigi mengklaim bahwa sebenarnya ia percaya kepada istrinya dari awal dan tak pernah sedikitpun meragukannya, tetapi untuk menjaga kelangsungan nama baik keluarga dewa langit perlu pembuktian kuat di hadapan seluruh lapisan dunia. Merekapun hidup bahagia setelahnya.

 

PEMUNCULAN DALAM SERIAL FIKSI

Wih, ternyata kehidupan asli Sakuya-hime nggak se indah yang terlihat di cerita-cerita fiksi macam anime ya, apalagi yang di Hoozuki no Reitetsu cuma kelihatan sekilas, itupun meninggalkan kesan dia bitchy banget. Huhuhu. Ngomong-ngomong tentang anime, ada beberapa serial yang memunculkan tokoh Sakuya-hime dalam berbagai wujud lho. Mimin sudah menyiapkan list dibawah ini. Cek yuk, biar lebih tahu.

1 – Persona 4 / Megami Tensei Series
muncul sebagai kepribadian lain Yukiko Amagi. Sosoknya berupa wanita dengan helm dan baju tim cheers dominan pink (lebih mirip power ranger sih) tetapi dilengkapi dengan senjata kipas besar berbentuk bunga sakura.
Akibanation Myth Sakuya

2 – Digimon
digambarkan sebagai sosok Sakuyamon, hasil mega evolusi dari Renamon.
Akibanation Myth Sakuya

3 – Ookami
dalam game adventure ini sosoknya muncul sebagai roh pohon berkimono pink, mata sipit dan rambut ponytail hitam.
Akibanation Myth Sakuya

4 – Ayakashi Gost Guild
digunakan sebagai salah satu karakter dalam deretan Rare Card.
Akibanation Myth Sakuya

5 – Hoozuki no Reitetsu
Muncul sebagai dewi cantik berkimono pink, blonde, dan selalu dikelilingi bunga-bunga mekar saat berjalan.
Akibanation Myth Sakuya

Comments

Loading...