Hallo minna.. đŸ˜€ kini japanese mythology kembali lagi nih, tentu saja dengan kisah yang lain dong..hehe.. Nah masih ingat kan dengan cerita japanese mitos-mitos jepang yang pernah mimin bahas?? yup, kisah tentang izanagi dan izanami serta kelahiran Jepang beserta dewa-dewa lainnya. Kini, giliran salah satu dewi yang merupakan dewa yang paling disegani di Jepang. yup.. AMATERASU. đŸ˜€

Amaterasu_cave_edit2

Amaterasu, atau yang lebih terkenal dengan sebutan nama Amaterasu Omikami dalam masyarakat jepang merupakan perwujudan “Great Divinity Illuminating Heaven”. Ia merupakan dewi matahari di langit yang dianggap sebagai nenek moyang kekaisaran jepang dan juga dewa penting dalam agama Shinto.

Dia lahir dari mata kiri sang ayah yaitu Izanagi. Yang lalu memberikannya kalung pertama dan menempatkannya dalam Takamagahara (kekaisaran langit), tempat tinggal para dewa. Salah satu adiknya, dewa laut dan petir Susanoo dikirim untuk mengatur laut dan sebelum pergi berpamitan kepada Amaterasu. Sebagai bentuk iman yang baik keduanya lalu menciptakan keturunan bersama. Amaterasu mengunyah dan meludahkan beberapa bagian pedang pemberian Susanoo. Begitupun sebaliknya.

Dari pedang Susanoo terciptalah 3 dewa. Sedangkan dari permata Amaterasu menghasilkan 5 dewa. Namun setelah kejadian tersebut malah timbul konflik antara kedua kakak beradik ini. Susanoo mulai berperilaku kasar dan merusak persawahan dan kediaman Amaterasu. Bahkan, Susanoo melemparkan kuda yang telah dikuliti ke ruang tenun sang kakak.

Dewi Matahari yang marah akhirnya menarik diri ke dalam gua sebagai bentuk protes atas kelakuan tak sopan adiknya. Dunia pun jatuh dalam kegelapan. Sebanyak 800 juta dewa lain berusaha untuk membujuk sang dewi keluar dari persembunyian. Mereka mengumpulkan ayam yang berkokok sebagai tanda terbitnya fajar, serta menggantung cermin permata pada pohon Sakaki di depan gua.

Dewa Amenouzume (dewa fajar, kegembiraan, pesta) mulai menari dan perlahan membuat suasana menjadi ramai. Ada beberapa dewa yang berbisik bahwa di dunia ini akan ada yang lebih terkenal dari dewi matahari. Amaterasu menjadi penasaran dan akhirnya mengintip dari balik gua. Melihat refleksi dirinya di cermin sehingga membuat ayam berkokok dan akhirnya dia pun keluar dari tempat persembunyian.

Para dewa pun kemudian membuang Shimenawa (tali keramat dari jerami). Agar sang dewi matahari tidak kembali bersembunyi.

Tempat utama untuk beribaha pada Amaterasu terletak di Kuil Ise. Kuil Shinto paling terkemuka di jepang.

Dalam cerita yang beredar, ia memiliki seorang cucu bernama Ninigi yang diperintahkan untuk turun ke bumi. Bersamanya diberikan pula tiga benda berupa pedang kusanagi, cermin yata no kagami dan permata yasakani no magatama sebagai bekal hidup. Ninigi dipercaya sebagai kakek buyut dari kaisar jepang pertama. Maka dari itulah keturunan kekaisaran jepang merupakan keturunan paling dekat dengan dewi matahari. Ketiga benda diatas secara turun termurun dipercaya sebagai benda pusaka keramat jepang.

Nah, dalam karena saking terkenalnya, dewi ini sering muncul lho dalam anima dan game. Diantaranya seperti yang dapat kalian lihat dibawah ini:

Comments

Loading...